Strategi memanglah suatu hal yang sangat penting dalam menjalankan dan melaksanakan suatu rencana supaya efektif dan efisien. Begitu pula halnya dengan pemasaran dan penjualan, dimana agar kegiatan pemasaran dan penjualan dapat terlaksana dengan efektif dan efisien maka diperlukan suatu strategi pemasaran.

Salah satu strategi pemasaran adalah strategi saluran pemasaran, dan pada kesempatan ini admin akan membahas tentang strategi saluran pemasaran, poin yang dibahas adalah definisi atau pengertian saluran pemasaran, jenis atau macam-macam saluran pemasaran, tingkatan saluran pemasaran dan fungsi saluran pemasaran serta semoga dengan pembahasan tentang strategi saluran pemasaran ini dapat memberikan manfaat kepada teman-teman.
Strategi saluran pemasaran
Strategi saluran pemasaran

Strategi Saluran Pemasaran

Pengertian saluran pemasaran

Menurut Kotler, saluran pemasaran adalah suatu kesatuan organisasi yang memiliki keterkaitan antara satu dengan lainnya dalam proses produksi produk yang tersedia untuk digunakan. Sedangkan menurut Warren, ia menjelaskan bahwa suatu saluran yang dipakai oleh perusahaan guna mendistribusikan produk ke konsumen atau pemakai industri.

Macam-macam saluran pemasaran

Para ahli pemasaran mengungkapkan bahwasanya saluran pemasaran terdiri dari beberapa macam atau jenis, yaitu (1) saluran pemasaran langsung (2) saluran pemasaran tidak langsung dan (3) saluran pemasaran ganda.

Pada saluran pemasaran jenis pertama (langsung), pihak produsen atau perusahaan melakukan penjualan suatu produk kepada konsumen akhir secara langsung tanpa perantara.

Pada saluran pemasaran jenis kedua (tidak langsung), pihak produsen atau perusahaan melakukan penjualan suatu produk kepada konsumen akhir secara tidak langsung menggunakan perantara.

Dan pada saluran pemasaran jenis ketiga (ganda), pihak produsen atau perusahaan melakukan penjualan suatu produk kepada konsumen akhir namun juga melakukan penjualan suatu produk kepada perantara.

Tingkatan saluran pemasaran

Saluran pemasaran langsung pastilah dapat dipahami dengan mudah karena saluran pemasaran ini tidak melibatkan pihak pihak lain dalam pelaksanaan kegiatan penjualan produk, namun saluran pemasaran tidak langsung dan saluran pemasaran ganda melibatkan pihak perantara saat melakukan penjualan suatu produk.

Berdasarkan tiga macam saluran pemasaran tersebut, tingkatan saluran pemasaran dapat dibedakan menjadi empat tingkatan saluran pemasaran sebagai berikut:

1. Saluran pemasaran tingkat nol (zero level channel)
Pada saluran pemasaran jenis ini, pihak produsen atau perusahaan melakukan kegiatan penjualan suatu produk langsung kepada konsumen akhir tanpa perantara pihak lainnya.

Saluran pemasaran tingkat nol (zero level channel) merupakan jenis saluran pemasaran langsung dan umumnya dipakai si pelaku usaha tingkat kecil dan menengah yang skala bisnis dan pasarnya masih kecil.

2. Saluran pemasaran tingkat satu (one level channel)
Pada saluran pemasaran jenis ini, pihak produsen atau perusahaan melakukan kegiatan penjualan suatu produk secara tidak langsung kepada konsumen akhir, pihak produsen atau perusahaan melakukan penjualan suatu produk kepada perantara (setara pengecer) dan selanjutnya perantara tersebut yang melakukan penjualan suatu produk kepada konsumen akhir.

Saluran pemasaran tingkat satu (one level channel) merupakan jenis saluran pemasaran tidak langsung dan biasanya digunakan oleh pelaku usaha menengah.

3. Saluran pemasaran tingkat dua (level two level channel)
Pada saluran pemasaran jenis ini, pihak produsen atau perusahaan melakukan kegiatan penjualan suatu produk secara tidak langsung kepada konsumen akhir, pihak produsen atau perusahaan melakukan penjualan suatu produk kepada perantara (setara grosir) dan perantara tersebut melakukan penjualan suatu produk kepada perantara turunannya (setara pengecer) dan terakhir penjualan produk ke pelanggan akhir.

Saluran pemasaran tingkat dua (two level channel) merupakan jenis saluran pemasaran tidak langsung dan biasanya digunakan oleh pelaku usaha menengah dan besar yang cakupan bisnis dan pasarnya sudah kompleks.

4. Saluran pemasaran tingkat tiga (three level channel)
Pada saluran pemasaran jenis ini, pihak produsen atau perusahaan melakukan kegiatan penjualan suatu produk secara tidak langsung kepada konsumen akhir, pihak produsen atau perusahaan melakukan penjualan suatu produk kepada perantara (distributor besar) dan perantara tersebut melakukan penjualan suatu produk kepada perantara turunannya (setara grosir) dan perantara turunannya tersebut melakukan penjualan suatu produk kepada perantara turunannya lagi (setara pengecer) dan barulah kemudian penjualan suatu produk dilakukan ke pelanggan.

Tingkatan saluran pemasaran ini merupakan jenis saluran pemasaran tidak langsung dan biasanya digunakan oleh pelaku usaha besar yang cakupan bisnis dan pasarnya sudah kompleks.

Sedangkan untuk jenis saluran pemasaran ganda, strategi saluran pemasaran yang digunakan adalah gabungan antara saluran pemasaran tingkatan nol (zero level channel) dengan saluran pemasaran tingkat selanjutnya seperti saluran pemasaran tingkat satu (one level channel), saluran pemasaran tingkat dua (two level channel) dan saluran pemasaran tingkat tiga (three level channel).

Fungsi saluran pemasaran

Saluran pemasaran memiliki fungsi melaksanakan pemindahan barang dari perusahaan ke pelanggan secara efektif dan efisien.

Para pihak yang bertindak sebagai bagian dari saluran pemasaran tersebut memiliki tugas dan perannya masing-masing seperti mengumpulkan informasi tentang costumer dan saingan bisnis dan juga melakukan komunikasi pemasaran guna merangsang pembelian serta melakukan negosiasi harga (price), kebijakan-kebijakan lainnya agar perallihan kepemilikkan produk dapat terwujud secara efektif dan efisien.

    Baca juga:
    Sekian pembahasan tentang strategi saluran pemasaran dan semoga pembahasan tentang Strategi saluran pemasaran ini dapat bermanfaat bagi teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.