Selaras bersama kemajuan iptek, sektor telekomunikasi kian mengalami kemajuan yang cukup siginifikan, dimana komunikasi adalah suatu hal yang penting dan mampu membantu hidup manusia. Sejak ditemukannya "alat komunikasi", kehidupan manusia menjadi lebih dekat serta mindset tersebut juga berubah mengikuti kemajuan zaman.

Suatu komunikasi mempunyai macam-macam bentuk, jenis serta manfaat seperti sebagai sarana komunikasi dengan sesama individu lainnya seperti keluarga, teman dan sebagainya. Salah satu manfaat komunikasi digunakan juga sebagai sarana pemasaran kepada konsumen sehingga nantinya akan muncul minat beli sehingga terciptalah penjualan suatu produk. Pada kesempatan ini admin, akan membahas tentang komunikasi pemasaran dan minat beli dan semoga dengan pembahasan tentang komunikasi pemasaran dan minat beli ini dapat berguna.
Komunikasi pemasaran efektif supaya terciptanya minat beli
Komunikasi pemasaran dan minat beli

*Komunikasi Pemasaran Dan Minat Beli

**Pengertian komunikasi pemasaran dan minat beli

Suatu proses pemikiran dan pemahaman yang kemudian disampaikan kepada pihak lainnya itulah yang dimaksud dengan komunikasi. Sedangkan pemasaran merupakan sekumpulan kegiatan yang dilakukan yang bertujuan untuk mengenalkan/memasarkan suatu produk barang atau jasa tertentu oleh pemasar kepada calon pembeli atau konsumen. Jadi, Komunikasi pemasaran dapat diartikan sebagai suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pemasar dengan maksud agar calon pembeli atau konsumen akan melakukan pembelian.

Minat beli adalah suatu rencana pembeli untuk melakukan pembelian produk barang atau jasa yang diperlukannya sekarang atau nanti.

**Bentuk Komunikasi Pemasaran

Komunikasi pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai macam cara atau bentuk. Menurut pakar pemasaran, bentuk dari pada komunikasi pemasaran dibedakan sebagai berikut:
1. personal selling
2. advertising
3. sales promotional
4. sponsorship marketing
5. publicity
6. point of purchase communication
7. Direct marketing
8. Trade promotion
9. Brand placement
10. Public Relation
11. Corporate Advertising
12. Internet
13. Word of mouth
14. Customer service

Pelajari selengkapnya tentang komunikasi pemasaran

**Fungsi komunikasi pemasaran

Komunikasi pemasaran juga berfungsi untuk membina suatu komunikasi dengan konsumen baik secara langsung maupun dengan perantara (media) tentang atau informasi mengenai suatu produk yang dipasarkan supaya konsumen mengetahui dan berkeinginan untuk memiliki/membel.

**Proses komunikasi pemasaran

Komunikasi pemasaran dapat berhasil dan berlangsung dengan baik apabila pemasar memahami proses komunikasi pemasaran itu sendiri seperti. Umumnya, tahapan proses komunikasi pemasaran dibedakan sebagai berikut:

1. Proses komunikasi pemasaran secara primer
Proses penyampaian pesan oleh pemasar kepada konsumen dengan menggunakan lambang (symbol) sebagai medianya. Lambang sebagai media primer dalam proses komunikasi pemasaran adalah bahasa, isyarat, gambar, logo, warna dsb yang secara langsung dapat membaca isi pikiran maupun perasaan calon pembeli.

2. Proses komunikasi pemasaran secara sekunder
Proses penyampaian pesan oleh pemasar kepada konsumen dengan menggunakan alat atau media sebagai perantara kedua setelah memakai logo sebagai media utama. Lazimnya, media yang umum digunakan seperti televisi, majalah, radio, telepon, surat kabar dsb.

**Unsur-unsur proses komunikasi pemasaran

Pada pelaksanaannya, suatu proses komunikasi pemasaran memiliki komponen atau unsur-unsur sehingga proses komunikasi pemasaran bisa terlaksana. Unsur-unsur proses komunikasi pemasaran tersebut adalah sumber, pesan, media, penerima, pengaruh, umpan balik dan lingkungan.

**Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli

Alasan setiap pembeli melakukan pembelian suatu produk disebabkan ia memerlukannya dan atau menyukainya. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen bisa bermacam-macam dan diantaranya adalah karena faktor ekonomi, psikologis, sosiologis dan antropologis.

**Teori AIDDA

AIDDA merupakan attention/perhatian, interest/minat, desire/keinginan, decision/keputusan dan action/tindakan. Teori ini sangat dikenal oleh para pemasar sebagai acuan melaksanakan pemasaran.

Teori AIDDA menjelaskan bahwa alat promosi harus memiliki daya tarik atau pikat, memperoleh serta meningkatkan minat, kemauan dan juga menciptakan suatu komunikasi yang efektif akan berhasil dilakukan apabila pemasar (marketer) paham proses terjadinya respon dari konsumen atau calon pembeli.


Sekian pembahasan tentang komunikasi pemasaran dan minat beli dan semoga pembahasan tentang komunikasi pemasaran dan minat beli ini dapat bermanfaat bagi teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.