Skripsi manajemen pemasaran - Skripsi merupakan suatu karya tulis ilmiah yang diharuskan kepada seluruh mahasiswa strata 1 setiap universitas di Indonesia baik universitas negeri maupun universitas swasta. Namun kebanyakan mahasiswa sering kali mengalami kesulitan saat penyusunan skripsi ini yang disebabkan oleh banyak dengan berbagai macam alasan pula.

Jadi, Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang Skripsi manajemen pemasaran yang berjudul Business Plan Budidaya Jamur Tiram (Oleh Maya Sari A. D. Dongoran) dan semoga saja dengan pembahasan tentang Skripsi manajemen pemasaran ini dapat berguna bagi teman-teman semua.
Skripsi manajemen pemasaran
Skripsi manajemen pemasaran

Skripsi Manajemen Pemasaran

Informasi peneliti

Penelitian ini dilakukan oleh Maya Sari A. D. Dongoran yang berstatus sebagai mahasiswa Fakuktas Ekonomi, Program Studi Keuangan, Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan.

Penelitian ini dilakukan pada tahun 2011 guna memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Medan.

Objek penelitian

Penelitian tentang Business Plan Budidaya Jamur Tiram dilakukan oleh Maya Sari A. D. Dongoran pada Rumah Jamur (jamur House) di tahun 2011.

Rumah Jamur
Rumah Jamur (Sumber: bisnisukm.com)
Rumah Jamur (jamur House) terletak di Jalan Jati III Pelajar Timur dan didirikan pada tanggal 21 Februari 2010. Rumah Jamur (jamur House) ini merupakan usaha yang bergerak dalam bidang pembudidayaan jamur. 

Rumah Jamur (jamur house) menjual produk jamurnya melalui Agen baik dalam skala besar maupun kecil, yang selanjutnya akan dikirim ke berbagai wilayah medan dan sekitarnya dan juga menyediakan jasa pemesanan langsung jamur baik dalam jumlah besar maupun kecil. 

Pemasaran direncanakan akan dilaksanakan melalui sektor seperti pasar swalayan, restoran, dan hotel apabila produksi telah stabil serta sarana dan prasarana telah memadai.

Aspek pasar dan pemasaran mencakup deskripsi barang atau jasa dan pasar yang dituju yang masing-masing aspek memiliki peranan yang luas pada perencanaan bisnis ini.  

Rumah Jamur melakukan Segmentasi pasar, pasar dibagi menjadi para pelanggan yang terdiri atas orang-orang dengan berbagai kebutuhan dan karakteristik yang sama yang mengarahkan mereka untuk merespons tawaran produk atau jasa dan program pemasaran strategis tertentu dalam cara yang sama. Dalam menentukan segmentasi akan ditemukan peluang yang tumbuh di pasar.

Selain itu, Rumah Jamur juga melakukan analisi swot sebagai berikut:

Kekuatan (Strenghts)
1. Menghasilkan jamur-jamur yang segar dan berkualitas
2. Produk yang kompetitif dengan produk lainnya
3. Harga murah dengan bahan berkualitas dan baik
4. Promosi melalui brosur, dan mouth to mouth secara intensif dan update

Kelemahan (Weaknesses)
1. Perusahaan belum mempunyai brand image yang kuat
2. Peralatan yang kurang canggih
3. Anggaran terbatas
4. Pembentukan manajemen hanya berdasarkan sumber daya manusia yang tersedia saja

Kesempatan (Opportunities
1. Dapat melakukan pengembangan dan inovasi terhadap produk dan pemasarannya 
2. Calon pembeli yang tertarik akan memesan dalam jumlah yang banyak

Tantangan (Threats)
1. Perkembangan lingkungan sekitar (pertumbuhan ekonomi)

Baca selengkapnya tentang apa itu analisi swot.

Abstrak skripsi

Dalam menjalankan sebuah bisnis, manajemen merupakan faktor yang paling penting karena tanpa manajemen perusahaan tidak akan terkelola dengan baik dan benar. 

Rencana manajemen merupakan hal yang sangat penting dalam merencanakan sebuah bisnis. Bisnis akan gagal jika tidak didukung oeh manajemen yang baik. 

Perencanaan Bisnis adalah suatu cetak – biru tertulis (blue print) yang berisikan tentang misi usaha, usulan usaha, operasional usaha, rincian financial, strategi usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta keterampilan pengelolaannya.

Perencanaan bisnis mempunyai dua fungsi yaitu : sebagai pedoman untuk keberhasilan manajemen usaha, dan sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar.

Perencanaan usaha memerlukan investasi modal, sumber daya manusia (SDM), manajemen, target pasar, dan manfaat usaha bagi pendiri, masyarakat dan Negara. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”

Download skripsi

Lihat, perhatikan dan lakukan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:
Download skripsi manajemen pemasaran
Download skripsi manajemen pemasaran
Download skripsi manajemen pemasaran di "http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/27885"

Baca juga:
Sekian pembahasan tentang skripsi manajemen pemasaran dan semoga pembahasan tentang skripsi manajemen pemasaran ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.