Pemasaran bagi suatu perusahaan merupakan suatu komponen yang sangat berperan penting. Pemasaran itu berperan dalam hal memperkenalkan atau mempromosikan produk perusahaan.

Terkait pemasaran, pernahkah teman-teman mendengar istilah marketing public relations dan marketing executive ? itu merupakan bagian yang sangat penting dan sangat berperan bagi suatu perusahaan. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang marketing public relations & marketing executive, dimana poin yang akan dibahas adalah pengertian marketing public relations, konsep marketing public relations, faktor penyebab marketing public relations, perencanaan marketing public relations, peranan marketing public relations, kegiatan marketing public relations, tujuan marketing public relations, pengertian marketing executive, peran marketing executive, tugas marketing executive, kriteria dan kualifikasi marketing executive, pertimbangan marketing executive serta semoga dengan pembahasan tentang konsep strategi pemasaran produk ini bermanfaat bagi teman-teman sekalian.
Marketing Public Relations & Marketing Executive
Marketing Public Relations & Marketing Executive

Marketing Public Relations & Marketing Executive


Marketing public relations

Marketing public relations adalah istilah yang dalam bahasa asing yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah pemasaran hubungan masyarakat (pemasaran humas). 

Sejak tahun 1990-an, berbagai kegiatan bisnis khususnya bidang pemasaran sudah tidak lagi mengacu kepada konsep pemasaran konvensional yang dikenal sejak tahun 1970 dengan istilah strategic marketing, positioning, social marketing, macro marketing, global marketing, dan mega marketing

Konsep pemasaran konvensional tersebut memfokuskan penjualannya dari segi “What” yaitu dari kuantitas penjualan produknya demi menjaga kepentingan produsen guna memperoleh keuntungan ekonomi setinggi-tingginya. 

Pada tahun 1980-an, muncul konsep pemasaran baru yang lebih spesifik cakupannya, dimana konsep ini memfokuskan penjualannya dari segi “How”.

1. Pengertian marketing public relations


Pengertian marketing public relations menurut Thomas L Harris (1991)

Marketing public relations adalah proses perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian program-program yang merangsang pembelian dan kepuasan konsumen melalui komunikasi mengenai informasi yang dapat dipercaya dan melalui kesan-kesan yang dapat menghubungkan perusahaan dan produknya sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan kepentingan para konsumen.


Pengertian marketing public relations menurut Miranty Abidin (1994)

Marketing public relations adalah salah satu bauran (mix) dalam bauran pemasaran (marketing mix) yang mempunyai peranan penting dalam fungsi pemasaran, pendekatan dari marketing public relations berorientasi kepada minat, harapan, aspirasi dan kepedulian konsumen untuk kemudian mengkaitkan kesan yang terjadi pada perusahaan.


Pengertian marketing public relations menurut Ardianto (2009)

Marketing public relations adalah perpaduan antara pelaksanaan program dan strategi pemasaran dengan aktivitas program kerja public relations dalam upaya meluaskan pemasaran dan demi mencapai kepuasan konsumen. 

Marketing public relations digunakan dalam perencanaan pemasaran (marketing) untuk mencapai sejumlah sasaran, sebagai berikut :
  • Membantu perusahaan dan nama produknya agar lebih dikenal.
  • Membantu mengenalkan produk baru atau peningkatan produk.
  • Membantu meningkatkan suatu produk, seperti dalam menyempurnakan pesan iklan dan promosi dengan menambah informasi baru.
  • Mencari pangsa pasar baru dan memperluas keberadaannya.
  • Memantapkan semua citra yang positif bagi produk dan usahanya.

2. Konsep marketing public relations


Menurut Rosady Ruslan (2010), konsep marketing public relations terdiri dari tiga strategi dalam melaksanakan program guna mencapai tujuan, yaitu:

Strategi Push, merupakan strategi untuk mendorong pembelian sekaligus dapat memberikan nilai-nilai (added value) atau kepuasan bagi pelanggan (satisfied custemer) yang telah menggunakan produk perusahaan.

Strategi Pull, merupakan strategi untuk menarik perhatian dengan berbagai cara guna tercapainya tujuan perusahaan serta menigkatkan penjualan baik berupa jasa atau barang.

Strategi Pass, merupakan strategi mempengaruhi untuk menciptakan reputasi publik yang ditimbulkan melalui berbagai kegiatan (breakthrough the gate-keepers) dan partisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan (berhubungan dengan komunitas) atau tanggung jawab sosial, serta kepedulian terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan kondisi sosial.

3. Faktor penyebab marketing public relations


Menurut Kotler (1993), marketing public relations digunakan oleh suatu perusahaan disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut:
  • Meningkatnya biaya promosi periklanan yang tidak seimbang dengan hasil keuntungan yang diperoleh dan keterbatasan tempat.
  • Persaingan dalam promosi dan publikasi.
  • Selera konsumen yang cepat mengalami perubahan dalam waktu relatif pendek (tidak loyal), karena banyaknya pilihan atau subsititusi atas produk yang ditawarkan di pasaran.
  • Makin menurunnya perhatian dan minat konsumen terhadap iklan, karena pesan dalam iklan cenderung berlebihan dan membosankan.

4. Perencanaan marketing public relations


Menurut para ahli, perencanaan marketing public relations dilakukan supaya tercapainya sinergi antara fungsi pemasaran dan public relations

Tahapan perencanaan marketing public relations adalah sebagai berikut:
  • Penentuan sasaran
  • Penentuan masalah dan kegiatan pencarian fakta
  • Perencanaan dan pemograman
  • Tindakan dan komunikasi
  • Evaluasi program

5. Peranan marketing public relations

Peranan marketing public relations adalah menciptakan dan mengelola proyek dan perangkat komunikasi untuk kewaspadaan dan pengingatan masalah produk, program pendidikan konsumen dan program akses konsumen yang menghubungkannya dengan informasi dan sumber daya diperusahaan tempat mereka mendapatkan produk dan layanan.

Sedangkan menurut Kotler (1993), peranan marketing public relations adalah sebagai berikut:
  • Membangun kesadaran konsumen terhadap produk.
  • Membangun kepercayaan konsumen terhadap citra perusahaan dan produk.
  • Mendorong antusiasme melalui artikel sponsor tentang kegunaan dan manfaat produk.
  • Menekan biaya promosi iklan komersial demi tercapainya efisiensi biaya.
  • Meningkatkan pelayanan kepada konsumen demi tercapainya kepuasan pelanggan.
  • Mempromosikan produk baru dan merencanakan perubahan posisi produk lama.
  • Mengkomunikasikan terus menerus melalui media public relations tentang aktivitas dan program kerja yang berkaitan dengan kepedulian sosial dan lingkungan hidup agar tercapainya publikasi yang positif di mata masyarakat (public).
  • Membina dan mempertahankan citra perusahaan atau produk, kuantitas dan kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen.
  • Proaktif dalam menghadapi kejadian negatif yang akan muncul di masa mendatang.

6. Kegiatan marketing public relations

Menurut Kotler (2008), kegiatan marketing public relations adalah sebagai berikut:
  • Publikasi (Publications)
  • Acara (Event)
  • Sponsorship
  • Berita (News)
  • Pidato
  • Kegiatan Layanan Masyarakat
  • Media Indentitas

7. Tujuan marketing public relations

Tujuan marketing public relations adalah meyakinkan konsumen akan merek suatu produk yang sedang dipasarkan dan membina hubungan baik dengan konsumen melalui program komunikasi pemasaran.

Sedangkan menurut Kotler dan Keller (2008), marketing public relations dapat berkontribusi terhadap berbagai tujuan pemasaran sebagai berikut:
  • Meningkatkan kesadaran
  • Membangun kredibilitas
  • Menstimulasi tenaga penjual dan saluran perantara
  • Serta mengurangi biaya promosi

Marketing Public Relations & Marketing Executive

Marketing executive

Marketing excecutive adalah istilah asing juga dan jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah pemasaran eksekutif. Peran marketing executive adalah memimpin kegiatan pemasaran dan bertanggung jawab untuk mencapai target penjualan produk perusahaan.

1. Pengertian marketing executive

Marketing executive adalah individu yang bekerja pada bagian pemasaran perusahaan yang berfungsi untuk memasarkan produk perusahaan dan tanggung jawab utamanya adalah mencapai target penjualan produk. 

2. Peran marketing executive

Pada suatu perusahaan, peran marketing executive adalah memimpin suatu tim pemasaran dalam melaksanakan berbagai kegiatan pemasaran produk perusahaan yang nantinya akan dipertanggungjawabkan kepada manajer pemasaran hingga direktur, selain itu marketing executive selalu dituntut untuk senantiasa kreatif dan berinovasi karena marketing executive juga bertanggung jawab untuk mencapai target penjualan produk perusahaan.

3. Tugas marketing executive

Pada suatu perusahaan, tugas marketing executive adalah sebagai berikut:
  • Mencapai target penjualan perusahaan.
  • Membuat program marketing perusahaan
  • Memperkenalkan produk perusahaan kepada klien
  • Memasarkan produk perusahaan
  • Mencari, memperbaharui dan menambah klien baru
  • Mempertahankan klien lama
  • Membina hubungan baik, komunikasi dengan klien perusahaan
  • Selalu berpikir kreatif, inovatif dalam melakukan pemasaran
  • Bijaksana dalam mengambil keputusan 

4. Kriteria dan kualifikasi marketing executive

Perusahaan dalam mencari karyawan yang akan mengisi posisi marketing executive selalu mempertimbangkan criteria dan kualifikasi tertentu. Kriteria dan kualifikasi marketing executive adalah sebagai berikut:
  • Memiliki penampilan yang menarik
  • Memiliki kemapuan komunikasi yang baik
  • Memiliki pemikiran kreatif dan inovatif
  • Memiliki komitmen tinggi dan kompeten saat bekerja
  • Memiliki kemampuan interpersonal skill
  • Memiliki intuisi sebagai seorang professional
  • Memiliki kepribadian menarik
  • Memiliki kebijaksanaan saat mengambil keputusan
  • Memiliki kemampuan untuk menaklukkan saingan dan masalah
  • Memiliki kejujuran

5. Pertimbangan marketing executive

Dalam melakukan kegiatan pemasaran, seorang marketing executive akan selalu berhadapan dengan klien dan atau calon pelanggan. Oleh karena itu, seorang marketing executive harus mepertimbangkan banyak hal demi keberhasilan proses pemasaran yang akan dilakukannya. Pertimbangan marketing executive adalah sebagai berikut:
  • Menyiapkan materi pembicaraan
  • Memilih waktu yang tepat
  • Menggunakan bahasa yang singkat
  • Cara memperkenalkan produk dengan menarik
  • Cara memperoleh simpati klien dan senantiasa berempati

Baca juga:
Sekian pembahasan tentang marketing public relations & marketing executive dan semoga pembahasan tentang marketing public relations & marketing executive ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.