Skripsi merupakan suatu karya tulis ilmiah yang diharuskan kepada seluruh mahasiswa strata 1 setiap universitas di Indonesia baik universitas negeri maupun universitas swasta. Namun kebanyakan mahasiswa sering kali mengalami kesulitan saat penyusunan skripsi ini yang disebabkan oleh banyak dengan berbagai macam alasan pula.

Jadi, Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang Skripsi manajemen pemasaran yang berjudul Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Hypermart Sun Plaza Medan (Oleh Liana Irma Fani SE) dan semoga saja dengan pembahasan tentang Skripsi manajemen pemasaran ini dapat berguna bagi teman-teman semua.
Skripsi manajemen pemasaran
Skripsi manajemen pemasaran

Skripsi Manajemen Pemasaran

Informasi peneliti

Penelitian ini dilakukan oleh Liana Irma Fani Lubis SE yang berstatus sebagai mahasiswa Fakuktas Ekonomi, Jurusan Manajemen, Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan.

Penelitian ini dilakukan pada tahun 2007 guna memenuhi salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (SE).

Objek penelitian

Penelitian tentang Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan dilakukan oleh Liana Irma Fani Lubis pada Pelanggan Hypermart Sun Plaza Medan di tahun 2007.

PT Matahari Putra Prima, Tbk didirikan pada tahun 1954 oleh Hari Darmawan dan fokus bisnisnya pada Matahari Department Store yang menjual berbagai jenis pakaian.

PT Matahari Putra Prima, Tbk kemudian mengembangkan bisnisnya menjadi beberapa unit bisnis sebagai berikut:
  • Matahari Supermarket (MSM), menjual berbagai macam jenis kebutuhan rumah tangga.
  • Boston Drugs Pharmacy, menjual berbagai macam obat-obatan medis dan alat bantu kesehatan.
  • Cut Price, menjual berbagai kebutuhan dengan harga yang lebih murah.
  • Hypermart, Perusahaan ritel dengan skala yang lebih besar dan jumlah item lebih banyak.
  • Timezone, Pusat bermain bagi anak-anak maupun keluarga.

hypermart logo
Hypermat (sumber: www.bloggerborneo.com)
Hypermart didirikan pada tanggal 22 April 2004 dan gerai pertamanya berada di Serpong. Selanjutnya di kota Medan Hypermat pertama kali membuka gerainya pada tanggal 1 Desember 2005 di Grand Palladium Mall dan lalu membuka lagi gerainya di Sun Plaza Medan Mall pada tanggal 26 Januari 2006.

Hypermart dalam operasinya mempunyai visi yaitu “Penuh kasih dan antusias akan membawa Hypermart Sun Plaza Medan menjadi salah satu yang terbaik dari sisi kinerja”.

Hypermart dalam operasinya menerapkan bauran pemasaran ritel (retailing mix) yang terdiri dari lokasi, produk, harga, atmosfer dalam gerai, periklanan dan promosi serta pelayanan. 

Baca selengkapnya mengenai bauran pemasaran. klik

Abstrak skripsi

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor lokasi, produk, harga, atmosfer dalam gerai, periklanan dan promosi, serta pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Hypennart Sun Plaza Medan, dan faktor yang lebih dominan mempengaruhinya. 

Penulis menarik hipotesis bahwa faktor lokasi, produk, harga, atmosfer dalam gerai, periklanan dan promosi, serta pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Hypennart Sun Plaza Medan, dan faktor yang lebih dominan mempengaruhinya adalah produk. 

Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis regresi linier berganda, dengan menggunakan uji simultan, uji parsial, dan analisis detenninasi. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan 100 responden sebagai sampel. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis pertama terbukti, yaitu secara simultan faktor lokasi, produk, harga, atmosfer dalam gerai, periklanan dan promosi, serta pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan Hypennart Sun Plaza Medan. 

Hipotesis kedua tidak terbukti, yaitu faktor produk bukan merupakan faktor yang lebih dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan Hypermart Sun Plaza Medan, melainkan faktor atmosfer dalam gerai.

Download skripsi

Lihat, perhatikan dan lakukan seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:
Download skripsi manajemen pemasaran
Download skripsi manajemen pemasaran
Download skripsi manajemen pemasaran di "http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/11271"

Sekian pembahasan tentang skripsi manajemen pemasaran dan semoga pembahasan tentang skripsi manajemen pemasaran ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.