Observasi adalah suatu tahapan yang sangat penting dalam melakukan suatu riset atau penelitian terhadap objek riset atau penelitian dan tahapan observasi ini dilakukan secara langsung oleh setiap peneliti agar mendapatkan data dan informasi tertentu yang diperlukan sehingga nantinya bisa menjadi bahan untuk dasar pengambilan suatu keputusan.

Dalam konteks berbisnis, observasi umumnya dilakukan terhadap pasar yaitu observasi pasar. Sama seperti halnya observasi pada umumnya yaitu dimaksudkan nantinya akan menjadi bahan untuk dasar pengambilan suatu keputusan saat berbisnis. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang pentingnya observasi pasar dengan poin bahasan pengertian observasi pasar menurut para ahli, ruang lingkup observasi pasar, tujuan observasi pasar, tujuan observasi pasar dan pentingnya observasi pasar menurut pengusaha sukses serta dengan bahasan tentang pentingnya observasi pasar ini dapat bermanfaat bagi teman-teman.
pentingnya observasi pasar
Pentingnya observasi pasar

Pentingnya Observasi Pasar

Secara umum pasar adalah tempat bertemunya dua pihak yaitu pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian suatu produk berupa barang atau jasa serta didukung oleh faktor keinginan, daya beli dan tingkah laku dalam pembelian.

Pengertian observasi pasar menurut para ahli

Pengertian observasi pasar menurut Prof. Drs. Sutrisno Hadi Notowidagdo, MA
Prof. Drs. Sutrisno Hadi Notowidagdo, MA merupakan Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada. Menurut beliau pengertian observasi pasar adalah suatu proses yang sangat kompleks, dimana proses tersebut terdiri dari berbagai proses biologis dan psikologis.

Pengertian observasi pasar menurut Prof. Dr. Suharsimi Arikunto
Prof. Dr. Suharsimi Arikunto merupakan Guru Besar Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Menurut beliau pengertian observasi pasar adalah pengamatan yang dilakukan secara langsung dari lingkungan fisik atau suatu kegiatan yang sedang terjadi atau berlangsung dan mencakup semua kegiatan perhatian (fokus) ke objek dengan menggunakan alat penilaian sensorik atau suatu pengamatan yang dilakukan dengan sengaja dan sadar untuk mengumpulkan data dan melaksanakan prosedur yang sistematis dan tepat.

Berdasarkan pengertian observasi pasar menurut para ahli di atas dapat disimpulkan secara sederhana bahwa observasi pasar adalah pengamatan terhadap pasar yang dilakukan secara sadar oleh pengamat dengan tujuan untuk mengumpulkan data serta mengetahui keadaan pasar itu sendiri.

Ruang lingkup observasi pasar

Ruang lingkup adalah suatu batasan tertentu terhadap suatu riset agar tidak meluas dan jauh dari tujuan riset atau penelitian. Dalam konteks observasi pasar, ruang lingkup observasi pasar adalah suatu batasan saat melakukan observasi pasar dengan tujuan untuk mengumpulkan data serta mengetahui keadaan pasar agar tidak meluas dan jauh dari tujuan observasi pasar itu sendiri.

Tujuan observasi pasar

Tujuan observasi pasar telah dikemukan oleh para ahli pada kutipan yang telah dibahas di atas yaitu tujuan observasi pasar adalah untuk mengumpulkan data serta mengetahui keadaan pasar terkini seperti produk yang banyak diminati, produk yang sedang populer, harga produk, saingan pasar dan sebagainya.

Manfaat observasi pasar

Sama seperti halnya tujuan observasi pasar, manfaat observasi pasar dapat disimpulkan berdasarkan pengertian observasi pasar menurut para ahli yang dikutip di atas, yaitu manfaat observasi pasar adalah peneliti atau pengamat pasar akan memperoleh data terkait pasar serta mengetahui keadaan pasar terkini seperti produk yang banyak diminati, produk yang sedang populer, harga produk, saingan pasar dan sebagainya.

Informasi yang telah terkumpul tersebut bermanfaat untuk membuat suatu perencanaan pemasaran, strategi pemasaran seperti strategi pemasaran produk baru, strategi pemasaran produk yang telah ada sebelumnya serta strategi pemasaran produk yang ingin dikembangkan lebih lanjut.

Semua itu dilakukan dengan maksud supaya produk nantinya diminati oleh konsumen atau pelanggan karena manfaatnya, keunikannya dan sebagainya sehingga terciptalah kepuasan pelanggan.

Pentingnya observasi pasar menurut pengusaha sukses

Pentingnya observasi pasar menurut Bob Sadino
Bob Sadino mengungkapkan bahwa belajar yang paling efektif itu adalah belajar dari lingkungan jalanan dimana seseorang harus memahami orang lain sehingga dia menjadi tahu dan jika kita kaji ulang maksud dari ungkapan Bob Sadino tersebut adalah melakukan observasi pasar.

Setuju atau tidak ?

Mengapa demikian, belajar dari lingkungan jalanan berarti kita secara sadar melakukan suatu proses pengamatan secara langsung terhadap pasar (konsumen) untuk memperoleh ilmu dan informasi terkini tentang pasar dan ini sesuai dengan apa yang diungkapkan oleh para pada bahasan pengertian observasi pasar menurut para ahli di atas.


Pentingnya observasi pasar menurut Elang Gumilang
Elang Gumilang pada suatu forum motivasi di Korea mengungkapkan dalam menjalankan suatu bisnis, seorang pelaku bisnis harus terlebih dahulu mengetahui pasar seperti pasar yang ditargetkan dan kondisi pasar tersebut. Hal ini dapat diketahui oleh pelaku bisnis dengan cara melakukan observasi pasar atau survey pasar.

Benar atau tidak ?


Sekian pembahasan tentang pentingnya observasi pasar dan semoga pembahasan tentang pentingnya observasi pasar ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.