Skripsi merupakan suatu karya tulis ilmiah yang diharuskan kepada seluruh mahasiswa strata 1 setiap universitas di Indonesia baik universitas negeri maupun universitas swasta. Namun kebanyakan mahasiswa sering kali mengalami kesulitan saat penyusunan skripsi ini yang disebabkan oleh banyak dengan berbagai macam alasan pula.

Pada kesempatan ini kami akan membahasa mengenai skripsi pemasaran yang berjudul peranan strategi pemasaran pada CV Mustafa Husin Jaya yang diteliti oleh seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara  (FE USU) pada tahun 2004.
skripsi pemasaran - peranan strategi pemasaran pada cv mustafa husin jaya
Skripsi pemasaran - peranan strategi pemasaran

Skripsi Pemasaran - Peranan Strategi Pemasaran
pada CV Mustafa Husin Jaya


Informasi peneliti pemasara

Penelitian ini dilakukan oleh Sova Marwa yang berstatus sebagai mahasiswa Fakuktas Ekonomi, Program Diploma III, Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan.

Penelitian ini dilakukan pada tahun 2004 guna memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Medan.

Objek penelitian pemasaran

CV Mustafa Husin Jaya merupakan sebuah perusahaan swasta yang beralamat di Jala Prof. H. M. Yamin SH No 408 Medan dan telah berdiri sejak 29 Juni 2002.

Pendiri CV Mustafa Husin terdiri dari empat orang yaitu Bapak Mustafa Husin Siregar dan Bapak Andi Zurman SH sebagai pengurus (pihak aktid) dengan jabatan sebagai Direktur dan Wakil Direktur. Sedangkan Bapak Syawaluddin Siregar dan Bapak Ir. Dedi Saputra sebagai sebagai pemodal (pihak pasif).

Pembahasan skripsi pemasaran

Penulis di dalam skripsi beranggapan bahwa kegiatan pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dan krusial di dalam suatu usaha, kebanyakan orang salah mengartikan dan menganggap istilah pemasaran sama seperti halnya penjualan dan promosi.

Penulis menerangkan lebih lanjut bahwa pemasaran merupakan konsep yang menyeluruh, sedangkan istilah yang lain hanya merupakan satu bagian dalam satu kegiatan sistem pemasaran secara keseluruhan.

Berdasarkan pengertian-pengertian dan definisikan para ahli pemasaran, penulis mengungkapkan proses pemasaran itu terjadi atau dimulai sejak sebelum barang-barang (produk) diproduksi.

Perusahaan harus dapat memberikan suatu kepuasan kepada konsumen jika mengharapkan usaha dapat berjalan atau mengharapkan konsumen mempunyai pandangan yang baik (citra) kepada perusahaan.

Lebih lanjut penulis mengungkapkan bahwa setiap manajemen memberikan kontribusi tertentu pada saat penyusunan strategi pada level yang berbeda. Pemasaran merupakan fungsi yang memiliki peranan paling besar dalam lingkungan ekternal.

Dalam peranan strateginya, pemasaran mencakup setiap usaha untuk mencapai suatu kesesuaian antara perusahaan dengan lingkungannya dalam rangka mencari pemelahan atas masalah penentuan dua pertimbangan pokok yaitu:

Pertama, bisnis apa yang dilakukan perusahaan  saat ini dan jenis bisnis apa yang dapat dimasuki dimasa yang akan datang.

Kedua, bagaimana bisnis yang telah dipilih oleh perusahaan dapat dijalankan dengan sukses dalam lingkungan yang kompetitif atas prospektif produk, harga, promosi dan distribusi (bauran pemasaran atau marketing mix) untuk melayani pasar sasaran atau target pasar.

Dalam penyusunan strategi, pemasaran memiliki dua dimensi yaitu dimensi saat ini dan dimensi yang akan datang. Dimensi saat ini berkaitan dengan hubungan yang telah ada antara perusahaan dengan lingkungannya. Sedangkan dimensi yang akan datang diharapkan akan dapat terjalin dan program tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Peneliti beranggapan bahwa pasar dapat disegmentasikan menjadi homogen, dimana pengusaha dapat memilih strategi pemasaran yang terdiri dari tiga strategi pemasaran, yaitu:
1. Pengusaha yang mensegmentasikan pasar
2. Pengusaha yang melakukan strategi konsentrasi
3. Pengusaha yang tidak melakukan segmentasi pasar


Strategi pemasaran pada dasarnya terdiri dari lima elemen atau unsur saling berkaitan satu dengan yang lainya, kelima elemen atau unsur tersebut adalah sebagai berikut:
1. Pemilihan pasar
2. Perencanaan produk
3. Penetapan harga
4. Sistem distribusi
5. Komunikasi pemasaran (promosi)

Kemampuan strategi pemasaran suatu perusahaan untuk merespon setiap perubahan kondisi pasar dan faktor lainnya tergantung pada analisis berikut ini:
1. Faktor pasar
2. Faktor lingkungan
3. Persaingan
4. Analisis kemampuan internal
5. Perilaku konsumen
6. Analisis ekonomi

Terkait dengan strategi pemasaran pada CV Mustafa Husin Jaya, mereka melakukan strategi pemasaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Melakukan kegiatan-kegiatan yang menunjang citra perusahaan dimata masyarakat seperti memasang billboard, menyelenggarakan pameran dan membuat yellow pages.

2. Membentuk sales marketing yang terdiri dari sales marketing kelompok dan sales marketing perorangan.

Saat menjalankan strategi pemasaran tersebut, CV Mustafa Husin Jaya berpedoman pada pedoman strategi pemasaran sebagai berikut:
1. konsumen mana yang akan dituju
2. kepuasan seperti apa yang diinginkan oleh konsumen
3. bauran pemasaran (marketing mix) seperti apa yang akan digunakan

Lebih lengkapnya peneliti juga menerangkan mengenai penetapan pasar sasaran (target pasar) dengan mempertimbangkan 3 faktor yaitu ukuran dan pertumbuhan segmen, daya tarik structural segmen serta tujuan dan sumber daya manusia. Serta peneliti juga menerangkan mengenai strategi pada bauran pemasaran 4p (marketing mix 4p) yaitu product atau produk, place atau lokasi, promotion atau promosi dan price atau harga.

Terakhir, peneliti menerangkan manfaat pemasaran bagi perusahaan yaitu CV Mustafa Husin Jaya dalam menjalankan kegiatan pemasaran adalah sebagi berikut:
1. Meningkatkan volume penjualan perusahaan
2. Mencapai keuntungan yang maksimal bagi perusahaan
3. Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan
4. Memelihara dan memperkuat penjualan perusahaan saat menghadapi saingan
5. Mendapatkan informasi mengenai pasar

Download skripsi pemasaran

Lihat, perhatikan dan lakukan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:
Download skripsi pemasaran - peranan strategi pemasaran pada CV Mustafa Husin Jaya
Download skripsi pemasaran - peranan strategi pemasaran pada CV Mustafa Husin Jaya
Download Skripsi Pemasaran di "http://repository.usu.ac.id/xmlui/handle/123456789/11663"

Sekian pembahasan tentang Skripsi Pemasaran dan semoga pembahasan tentang skripsi pemasaran ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.