Skripsi merupakan suatu karya tulis ilmiah yang diharuskan kepada seluruh mahasiswa strata 1 setiap universitas di Indonesia baik universitas negeri maupun universitas swasta. Namun kebanyakan mahasiswa sering kali mengalami kesulitan saat penyusunan skripsi ini yang disebabkan oleh banyak dengan berbagai macam alasan pula.

Pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai skripsi pemasaran yang berjudul analisis sistem pemasaran pada PT Rodaroda Global Motorindo yang diteliti oleh seorang mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara  (FE USU) pada tahun 2009.
Skripsi Pemasaran - Analisis Sistem Pemasaran Pada PT Rodaroda Global Motorindo
Skripsi Pemasaran

Analisis Sistem Pemasaran Pada PT Rodaroda Global Motorindo


Informasi peneliti

Penelitian ini dilakukan oleh Evans Tampubolon yang berstatus sebagai mahasiswa Fakuktas Ekonomi, Program Diploma III, Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan.

Penelitian ini dilakukan pada tahun 2009 guna memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan Program Studi Diploma III Keuangan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (FE USU) Medan.

Objek penelitian

PT Rodaroda Global Motorindo merupakan perusahaan swasta yang berdiri sejak 11 Juni 2004 dan berlokasi di Jalan Prof. HM. Yamin No. 259-261 Medan (sebelumnya berlokasi di Jalan Soetomo No. 498-500 Medan).

PT Rodaroda Global Motorindo merupakan pengembangan usaha dari PT Rodaroda Dinamik Perkasa yang telah berdiri sejak tahun 1997. 

PT Rodaroda Dinamik Perkasa merupakan perusahaan dagang yang bergerak dalam bidang:
  • Penjualan sepeda motor yaitu perusahaan melakukan penjualan sepeda motor merek Beijing dan Monchin.
  • Jasa service sepeda motor yaitu perusahaan memberikan service terhadap sepeda motor konsumen melalui usaha perbengkelan yang dilakukan oleh perusahaan.
  • Penjualan sparepart yaitu perusahaan mengadakan sparepart atau pengadaan suku cadang kendaraan bermotor serta kelengkapan peralatan sepeda motor serta kelengkapan peralatan sepeda motor.    


Abstrak penelitian

Pada umumnya suatu perusahaan dibentuk untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Tujuan umum dari suatu perusahaan adalah untuk memperoleh laba (profit). 

Kelangsungan hidup (continuity and survival) dan pertumbuhan (growth). Didalam kegiatannya, semua perusahaan yang menghasilkan barang ataupun jasa selalu menginginkan produk yang dihasilkan tersebut terjual di pasaran. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi tujuan perusahaan tersebut. 

Dalam hal ini kegiatan yang menentukan laku atau tidaknya produk tersebut adalah pemasaran. Pemasaran yang baik, efisien dan efektif dapat meningkatkan jumlah penjualan produk yang ditawarkan kepada konsumen. 

Pemasaran merupakan kegiatan yang penting yang perlu dilakukan suatu perusahaan yang menghasilkan barang dan jasa, karena tanpa adanya pemasaran, produk yang dihasilkan akan sulit untuk terjual bahkan mungkin dapat mengakibatkan barang tidak dapat terjual sama sekali. 

Pemasaran menurut Kotler (2000:19) adalah sebagai berikut: “Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan menukaarkan produk yang bernilai satu sama lain.”

Pembahasan skripsi

PT Rodaroda Global Motorindo di dalam kegiatannya memasarkan produk sepeda motor Beijing, memperhatikan pasar sasaran yang dituju. Keadaan ini disebabkan oleh karena perusahaan harus dapat memenuhi kebutuhan konsumen yang sangat berpencar, tersebar serta bervariatif. 

Oleh karena itu, PT Rodaroda Global Motorindo mengelompokkan pasar menjadi segmen-segmen pasar, lalu menetapkan segmen pasar tertentu sebagai sasaran. Dengan adanya hal ini, maka perusahaan terbantu untuk mengidentifikasi peluang pasar dengan lebih baik. 


Tiga langkah yang diambil PT Rodaroda Global Motorindo adalah melakukan segmentasi pasar, menetapkan pasar sasaran, menetapkan produk.

Selain itu, PT Rodaroda Global Motorindo senantiasa menerapkan bauran pemasaran 4p (marketing mix 4p) yang terdiri dari produk atau product, harga atau price, saluran distribusi atau place dan prmosi atau promotion.

Baca selengkapnya bauran pemasaran

Dalam kesehariannya, PT Rodaroda Global Motorindo sangat memperhatikan strategi pemasaran yang digunakan dan strategi pemasaran perusahaan terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan, bauran pemasaran, dan alokasi pemasaran dalam hubungannya dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dalam kondisi persaingan.

Ciri-ciri penting rencana strategi pemasaran perusahaan ini adalah sebagai berikut: 
  • Titik-tolak penyusunannya melihat perusahaan secara keseluruhan
  • Diusahakan dampak kegiatan yang direncanakan bersifat menyeluruh 
  • Dalam penyusunannya diusahakan untuk memahami kekuatan yang mempengaruhi perkembangan perusahaan
  • Jadwal waktu/timing yang ditentukan adalah yang sesuai dan mempertimbangkan fleksibilitas dalam menghadapi perubahan
  • Penyusunan rencana dilakukan secara realisris dan relevan dengan lingkungan yang dihadapi

Rencana strategi perusahaan juga terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi perushaan yaitu faktor lingkungan mikro perusahaan dan faktor lingkungan makro perusahaan.

Faktor lingkungan mikro perusahaan yaitu para pelaku dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar. Sedangkan faktor lingkungan  makro perusahaan yaitu kekuatan-kekuatan yang bersifat kemasyarakatan yang lebih besar dan mempengaruhi semua pelaku dalam lingkungan mikro didalam perusahaan.

Download skripsi pemasaran

Lihat, perhatikan dan lakukan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:
download skripsi pemasaran - analisis sistem pemasaran
Download skripsi pemasaran

Download Skripsi Pemasaran di "http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/24060"


Sekian pembahasan tentang Skripsi Pemasaran dan semoga pembahasan tentang skripsi pemasaran ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.