Pernahkah anda mendengar atau membaca nama PANDUANIM.COM ? Ya, itu merupakan salah situs blog Indonesia terkenal. Situs tersebut membahas tentang Panduan Online Marketing seperti Seo untuk pemula, Social media marketing, Memulai dan mengembangkan Bisnis online, keyword Research (riset kata kunci), Content marketing (Pemasaran konten), Copywriting dan CPA marketing.

Tema utama blog Indonesia terkenal tersebut adalah tentang Panduan Online Marketing. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang Strategi Pemasaran di Media Sosial ala BloggIndonesia Terkenal, dimana poin yang akan bahas adalah penyebab kegagalan pemasaran di media sosial, cara suskes pemasaran di media sosial atau cara menghindari kegagalan pemasaran di media sosial seperti menentukan media sosial yang akan digunakan, menentukan kepribadian yang akan digunakan, bagaimana strategi pemasaran konten di media sosial, jadwal rutinitas di media sosial serta semoga dengan pembahasan tentang konsep strategi pemasaran produk ini bermanfaat bagi teman-teman sekalian.
Strategi Pemasaran di Media Sosial ala Blog Indonesia Terkenal
Strategi Pemasaran di Media Sosial ala Blog Indonesia Terkenal

Strategi Pemasaran di Media Sosial ala Blog Indonesia Terkenal

Menurut Panduanim.com, kebanyakan orang yang melakukan kegiatan pemasaran di media sosial mengalami KEGAGALAN. Kegagalan pemasaran di media sosial tersebut dikarenakan mereka sangat mudah terjebak di jalur yang SALAH saat memanfaatkan media sosial.

Kegagalan pemasaran di media sosial tersebut karena kebanyakan mereka memanfaatkan media sosial dengan cara membuat akun, upload banyak foto, lengkapi profilnya serta membuat postingan dan kemudian BERHARAP mendapat banyak pengunjung, like dan share lalu produk terjual laris manis.

Untuk MENGHINDARI kegagalan pemasaran di media sosial tersebut, panduanim.com menjelaskan dengan sangat jelas dan lengkap. Langkah yang PERLU dilakukan terkait pemasaran di media sosial adalah sebagai berikut:

1. Tentukan SATU media sosial utama yang akan digunakan

Menurut panduanim.com, dengan menggunakan satu media sosial utama akan menjadi sangat EFEKTIF dan fokus apalagi setelah mempertimbangkan hal penting lainnya seperti waktu, biaya, tenaga manusia, dan ilmu. Selain itu, sangat kecil kemungkinan pemain baru akan langsung bisa aktif di banyak media sosial sekaligus dan bisa saja ini akan berdampak buruk seperti rusaknya reputasi akun anda. Namun, apabila hal-hal tersebut tidak mempengaruhi anda maka silahkan saja menggunakan lebih dari satu media sosial.

Selanjutnya, saat menentukan media sosial yang akan digunakan maka pilihlah media sosial tersebut dengan MEMPERTIMBANGKAN tingkat popularitas media sosial, tingkat prospek membeli dari pengguna yang anda tergetkan, tingkat ketersediaan fitur pendukung seperti upload gambar, video, share post dan sebagainya.

Pada kesempatan yang sama, panduanim.com mempubliskan grafik PENGGUNAAN media sosial di Indonesia yang bersumber dari We Are Social.
Grafik penggunaan media sosial di Indonesia
Grafik penggunaan media sosial di Indonesia (sumber: panduanim.com)
Urutan media sosial yang banyak penggunanya di Indonesia adalah sebagai berikut:
1. Facebook
2. Twitter
3. Google +
4. Linkedin
5. Instagram
6. Pinterest

Lalu, grafik penggunaan media sosial di Indonesia berdasarkan rentang UMUR pada tahun 2013:
Grafik penggunaan media sosial di Indonesia berdasarkan rentang umur
Grafik penggunaan media sosial di Indonesia berdasarkan rentang umur (sumber: panduanim.com)
Urutan media sosial yang banyak penggunanya di Indonesia berdasarkan rentang umur di Indonesia pada tahun 2013, media sosial Facebook berada pada urutan pertama pada lima rentang umur dan selanjutnya diikuti oleh media sosial lainnya seperti Twitter, Google+ dan Instagram.

Setelah melihat dua grafik urutan media sosial yang banyak penggunanya di Indonesia dapat ditarik KESIMPULAN awal bahwa media sosial Facebook adalah media sosial yang paling potensial dan memiliki prospek bagus. Namun, kesimpulan tersebut bisa saja BERUBAH yang dipengaruhi faktor seperti target konsumen, target pemasaran dan sebagainya.

2. Tetapkan KEPRIBADIAN di media sosial yang akan digunakan

Kepribadian yang akan digunakan sebaiknya disesuaikan dengan bisnis anda sehingga MENCERMINKAN bisnis anda dan tepat untuk konsumen anda, kepribadian tersebut bisa santai dan bisa juga serius. Selanjutnya, perhatikan pula tatanan bahasa anda, apakah akan menggunakan bahasa baku atau menggunakan bahasa pergaulan TERGANTUNG target konsumen dan pemasaran anda dan usahakan KONSISTEN saat menggunakannya.

3. Tentukan STRATEGI konten di media sosial yang akan digunakan

Langkah ketiga ini merupakan langkah yang sangat PENTING untuk diperhatikan saat melakukan pemasaran di media sosial, karena jika anda tidak memiliki konten yang menarik maka semua hal yang anda lakukan di media sosial akan percuma. 

Menurut panduanim.com, syarat sukses melakukan kegiatan pemasaran di media sosial adalah sebagai berikut:
1. Kualitas konten
2. Pemilihan waktu posting
3. Frekuensi posting

Suatu konten akan KURANG maksimal hasilnya jika anda salah memilih waktu untuk melakukan post atau asal saja melakukannya serta sangat disayangkan apabila sebenarnya konten tersebut mungkin memang memiliki kualitas yang bagus.

Selanjutnya, sebelum melakukan post di media sosial sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu jenis post seperti apakah yang disukai oleh pengguna lainnya.

Berdasarkan data resmi yang bersumber dari Twitter mengungkapkan bahwa jenis tweet yang mendapat retweet terbanyak adalah sebagai berikut:
Grafik penambahan persentase retweet
Grafik penambahan persentase retweet (sumber: panduanim.com)
Grafik tersebut merupakan grafik penambahan persentase jika dibandingkan dengan tweet yang biasa. Berdasarkan grafik tersebut, suatu tweet dengan foto akan berpotensi bertambah jumlah retweet sebesar +35% jika dibandingkan dengan tweet yang biasa, begitu pula jika tweet tersebut dengan video yaitu potensinya sebesar +28% dan seterusnya.

Lalu bagaimanakah menurut anda jika suatu tweet menyertakan kelima jenis tweet seperti yang dijelaskan pada grafik tersebut ?

Tentu hasilnya akan sangat luar biasa kan ? 

Jawabannya, mungkin-mungkin saja asalkan tweet tersebut tersusun rapi dan serta kata-katanya juga tersusun secara menarik sehingga menimbulkan ketertarikan pengguna media sosial lainnya.

Namun sedikit berbeda pada Facebook, jenis post yang mendapatkan hasil terbaik yang bersumber dari hasil analisa dari Locowise adalah sebagai berikut:
Analisa jenis post jangkauan terbesar
Analisa jenis post jangkauan terbesar (sumber: panduanim.com)
Suatu post yang menyertakan Link mendapatkan jumlah jangkauan paling besar, disusul teks, foto dan video. jadi, jika anda ingin menjangkau banyak orang di Facebook usahakan menggunakan link dan jika memungkin gunakanlah semuanya pada saat bersamaan pada satu post tapi dengan memperhatikan tatanan bahasa yang digunakan rapi dan menarik saat dilihat oleh pengguna media sosial lainnya.

Tema konten
Menurut panduamim.com, berdasarkan artikel yang bersumber dari HubSpot menerangkan bahwa tema konten yang paling banyak mendapatkan share ke media sosial adalah sebagai berikut:
1. List-post yaitu artikel berupa daftar sebesar 22,14%
2. Why-post yaitu artikel penjelasan “mengapa” sebesar 22.32%
3. Videos sebesar 18.94%
4. How-to yaitu artikel panduan sebesar 18.42%
5. What-post yaitu artikel penjelasan “apa” sebesar 17.88%

Frekuensi dan waktu posting
Setiap media sosial berbeda-beda frekuensi dan waktu postingannya, berikut ini adalah frekuensi optimal untuk masing-masing media sosial:
Facebook, maksimal 2x sehari dan 5-10x seminggu.
Twitter, 5x sehari atau lebih.
LinkedIn, 1x per hari dan 20x per bulan.
Google +, maksimal 3x sehari.
Pinterest, 5x sehari atau lebih.
Instagram, 1-2x sehari atau lebih.

Untuk waktu postingan optimal, sesuaikan dengan target anda namun pastikan anda tidak melakkan post pada saat mereka sedang SIBUK. Jika anda menulis pada jam sibuk, maka konten anda akan dengan cepat tertutup oleh orang lain dan akhirnya tidak terlihat. 

4. Buat jadwal RUTIN di media sosial yang akan digunakan

Jadwal rutin dan aktif di media sosial sangat penting saat melakukan kegiatan pemasaran di sosial media, dikarenakan jika anda tidak melakukan pemasaran di media sosial secara rutin maka follower akan lupa dengan anda dan tidak perduli sebagus apapun konten anda pastinya pemasaran anda pasti akan mengalami kegagalan serta belajarlah dari kegagalan orang LAIN.

Adapun rutinitas di media sosial tersebut termasuk pula diantaranya seperti:
Lakukan interaksi dengan follower dan influencer
Lakukan perencanaan konten
Lakukan analisa statistik dan goal
Lakukab perencanaan dan eksperimen
Untuk mempermudah prosesnya, silahkan ikuti tugas harian, mingguan, dan bulanan ini:

Tugas harian:
1. Membalas mention, pesan, dan komentar yang masuk
2. Melakukan monitor kata kunci
3. Menerbitkan/menjadwalkan konten baru
4. Mencari bahan untuk konten baru
5. Mencari orang yang punya banyak follower (influencer)
6. Berinteraksi dengan influencer
7. Berinteraksi dengan follower
8. Membuat gambar untuk konten
9. Membuat konten untuk komunitas

Tugas mingguan:
1. Analisa konten dalam seminggu terakhir
2. Analisa peningkatan dan penurunan yang terjadi
3. Analisa terhadap goal dan sasaran yang sudah ditentukan
4. Analisa hashtag
5. Mengadakan event (webinar, Twitter chat, dll.)
6. Mencari komunitas baru
7. Optimasi website untuk social media

Tugas bulanan:
1. Memeriksa goal yang sudah dibuat
2. Membuat goal baru
3. Merencanakan eksperimen baru untuk sebulan depan
4. Update foto profil, deskripsi, bio
5. Melakukan penyesuaian terhadap frekuensi dan jadwal posting

Baca juga:
Sekian pembahasan tentang Strategi Pemasaran di Media Sosial ala Blog Indonesia Terkenal dan semoga pembahasan tentang Strategi Pemasaran di Media Sosial ala Blog Indonesia Terkenal ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.