Strategi pemasaran produk bisa dilakukan dengan bermacam-macam cara yang sangat bervariasi namun dengan tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan laba atau keuntungan yang semaksimal mungkin bagi perusahaan.
Namun sebelum membuat suatu strategi pemasaran, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa dan bagaimana strategi pemasaran produk baik dan apa saja yang mesti dipersiapkan sebelumnya membuat strategi pemasaran. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang konsep strategi pemasaran produk, dimana poin yang akan dibahas yaitu pengertian strategi pemasaran produk, jenis-jenis strategi pemasaran produk, kelebihan dan kekurangan strategi pemasaran produk dan hal penting sebelum membuat strategi pemasaran produk serta semoga dengan pembahasan tentang konsep strategi pemasaran produk ini bermanfaat bagi teman-teman sekalian.
Konsep strategi pemasaran produk |
Konsep Strategi Pemasaran Produk
Pengertian (definisi) strategi pemasaran
1. Pengertian (definisi) strategi pemasaran menurut menurut Tjiptono
Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.
2. Pengertian (definisi) strategi pemasaran menurut Philip Kotler
Strategi pemasaran adalah pola pikir pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasarannya dan berisi strategi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran dan besarnya pengeluaran pemasaran.
3. Pengertian (definisi) strategi pemasaran menurut Stanton
Strategi pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
Jenis-jenis strategi pemasaran
Menurut ahli pemasaran yaitu Assauri, strategi pemasaran dapat dibedakan menjadi tiga jenis strategi pemasaran, adalah sebagai berikut:
1. Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated marketing).
Strategi pemasaran jenis ini, perusahaan tidak membeda-bedakan pasar berdasarkan suatu kriteria tertentu, jadi perusahaan memenuhi kebutuhan konsumen secara umum tanpa membeda-bedakan.
Strategi pemasaran seperti ini bertujuan untuk melakukan penjualan produk secara massal. Perusahaan memfokuskan perhatiannya kepada seluruh kebutuhan konsumen-konsumennya. Keuntungan bagi perusahaan dalam menggunakan strategi pemasaran ini ialah perusahaan dapat mengefisienkan biaya dan kelemahannya ialah perusahaan akan mengalami persaigan sengit (hyper competition) dengan dari perusahaan lainnya yang menggunakan strategi pemasaran yang sama serta perusahaan juga melewatkan peluang yang ada di segmen pasar yang relatif kecil.
2. Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (Differentiated marketing).
Strategi pemasaran seperti ini, perusahaan melakukan pengklasifikasian konsumen berdasarkan suatu kriterta terntentu, jadi perusahaan akan memproduksi dan memasarkan produk yang bervariasi dan berbeda-beda untuk setiap kelompok konsumen yang telah diklasifikasi sebelumnya (segmen pasar) berdasarkan kebutuhan dan keinginan setiap kelompok konsumen tersebut.
Strategi pemasaran seperti ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan kelompok konsumen yang telah dikelompokkan terhadap produk yang telah diproduksi dan dipasarkan. Dengan penggunaan strategi pemasaran ini, perusahaan berharap akan bisa meningkatkan penjualannya diberbagaikan kelompok konsumen (segmen pasar) dan kelemahan strategi pemasaran ini ialah perusahaan berpotensi mengeluarkan biaya yang lebih tinggi dikarenakan memproduksi produk yang bervariasi pada kelompok konsumen yang berbeda-beda.
3. Strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated Marketing).
Strategi pemasaran seperti ini, perusahaan memfokuskan pemasaran produknya dalam beberapa kelompok konsumen dengan mempertimbangkan keterbatasan sumberdaya perusahaan, jadi perusahaan memfokuskan produknya secara spesifik sesuai kebutuhan dan keinginan kelompok konsumen yang telah difokuskan oleh perusahan.
Strategi pemasaran seperti ini bertujuan supaya perusahaan dapat fokus memproduksi suatu produk terhadap konsumen yang telah difokuskan sehingga perusahaan dapat memaksimalkan produk tersebut. Keuntungan penggunaan strategi pemasaran ini ialah perusahaan dapat memperoleh suatu posisi yang kuat terhadap kelompok konsumen yang telah difokuskan karena perusahaan tersebut telah memfokuskan produknya secara maksimal dan kelemahan strategi pemasaran ini ialah perusahaan akan menghadapi risiko yang besar jika cuma bergantung pada beberapa kelompok konsumen tertentu saja.
Hal penting sebelum membuat strategi pemasaran produk
Sebelum membuat strategi pemasaran, ada baiknya anda harus mempertimbangkan hal berikut ini terlebih dahulu supaya tidak salah mengambil keputusan dalam membuat suatu strategi pemasaran.
1. Ketahui terlebih dahulu apa itu strategi pemasaran ? ingat kata pepatah tak kenal maka tak sayang.
2. Lakukan segmentasi pasar, tujuannya supaya mengetahui pasar seperti apa yang akan dihadapi.
3. Pelajari perilaku konsumen, tujuannya supaya tahu konsumen seperti apa yang akan dihadapi.
4. Tentukan strategi pemasaran produk seperti apa yang akan digunakan (strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar, strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar atau strategi pemasaran yang terkonsentrasi), tujuannya adalah supaya strategi pemasaran tidak salah target pasar.
5. Lakukan strategi pemasaran produk, pastikan telah mempertimbangkan 4 poin sebelumnya.
Baca juga:
Sekian pembahasan tentang konsep strategi pemasaran produk dan semoga pembahasan tentang konsep strategi pemasaran produk ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.