Media sosial merupakan suatu media yang diciptakan dengan maksud supaya setiap manusia dapat bersosialisasi dengan manusia lainnya walaupun terpisah oleh waktu dan tempat. Namun, seiring perkembangan dan minat pengguna media sosial yang terus meningkat dari waktu ke waktu, media sosial tersebut juga digunakan untuk berbagai macam kepentingan seperti untuk sarana pemasaran, sarana popularitas dan sebagainya.
Media sosial sangat diminati oleh banyak orang karena selain sebagai tempat bersosialisasi namun juga bisa digunakan sebagai tempat melakukan pemasaran yang sangat prospek, mudah, cepat, dan gratis. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang cara pemasaran produk (rekomendasi media sosial) dengan harapan setelah membaca artikel ini maka teman-teman terinspirasi untuk melakukan pemasaran melalui media sosial seperti facebook, youtube, google +, twitter, instagram, line, ask.fm, tumblr dan path serta semoga dengan pembahasan tentang cara pemasaran produk (rekomendasi media sosial) ini dapat bermanfaat karena kegiatan pemasaran bisa teman-teman lakukan tanpa harus mengeluarkan sejumlah biaya pemasaran tertentu.
Cara Pemasaran Produk |
Cara Pemasaran Produk (Rekomendasi Media Sosial)
Penjelasan mengenai pemasaran seperti pengertian / definisi pemasaran menurut para ahli, pengertian (definisi) pemasaran menurut philip kotler, apa itu pemasaran, pengertian (definisi) strategi pemasaran, Pengertian (definisi) manajemen pemasaran dan sebagainya dapat teman-teman lihat pada postingan-posting sebelumnya atau klik sitemap untuk melihat seluruh postingan tentang pemasaran.
Pahami dulu sekilas alur pemasaran
1. Segmentasi pasar
Segmentasi pasar merupakan suatu proses untuk membagi pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang lebih homogen, dimana tiap kelompok konsumen dapat dipillih sebagai target pasar untuk dicapai perusahaan melalui strategi bauran pemasarannya. Dalam setiap segmen terdiri dari individu dengan kebutuhan dan keinginan yang sama, dan mempunyai respon yang sama terhadap usaha pemasaran yang ditawarkan.
Segmentasi pasar bertujuan untuk meransang pelanggan / konsumen yang potensial atau pelanggan yang telah ditentukan (target pelanggan).
2. Perilaku konsumen
Perilaku konsumen merupakan studi mengenai individu, kelompok atau organisasi dan proses-proses yang dilakukan dalam memilih, menentukan, mendapatkan, menggunakan, dan menghentikan pemakaian produk, jasa, pengalaman, atau ide untuk memuaskan kebutuhan serta dampak proses-proses tersebut terhadap konsumen dan masyarakat.
Perilaku konsumen bertujuan supaya pemasar mengenal macam-macam konsumen sehingga dapat melakukan pemasaran efektif untuk setiap konsumen tersebut.
3. Riset pemasaran
Riset pemasaran merupakan kegiatan penelitian terkait pemasaran yang dilaksanakan secara sistematis mulai dari perumusan masalah riset pemasaran, perumusan tujuan riset pemasaran, pengumpulan data riset pemasaran, pengolahan data riset pemasaran serta interpretasi hasil riset pemasaran.
Riset pemasaran bertujuan supaya manajemen mendapat solusi terbaik terkait berbagai macam masalah yang dihadapi oleh manajemen dalam kegiatan pemasarannya sehingga manajemen bisa memperoleh peluang usaha yang lebih baik.
4. Perencanaan pemasaran
Perencanaan adalah proses menentukan dengan tepat apa yang akan dilakukan organisasi untuk mencapai tujuannya. Perencanaan juga bisa didefinisikan sebagai perkembangan sistematis dari program tindakan yang ditujukan pada pencapaian tujuan bisnis yang telah disepakati dengan proses analisa, evaluasi, seleksi di antara kesempatan-kesempatan yang diprediksi terlebih dahulu.
Perencanaan pemasaran bertujuan supaya perusahaan dapat menentukan dengan tepat apa yang akan dilakukan untuk meningkatkan penjualannya.
5. Strategi pemasaran
Strategi pemasaran merupakan suatu pola fundamental, dimana terdapat perencanaan pemasaran, pengarahan sumber daya, serta interaksi dengan pasar, pesaing, konsumen dan sebagainya. Selain itu, Suatu strategi pemasaran baiknya mempertimbangkan tujuan pemasaran, pasar yang ditergetkan dan bagaimana mengelolan sumber daya secara efektif dan efisien.
Rekomendasi media sosial untuk pemasaran produk
Berikut ini adalah media sosial yang admin rekomendasik untuk digunakan sebagai tempat untuk melakukan pemasaran. Rekomendasi ini admin berikan kepada teman-teman berdasarkan hasil riset google yaitu sebagai berikut:
1. Facebook
Hasil riset atas pencarian pengguna internet terkait facebook (Oktober sampai September) |
Cara pemasaran produk (facebook) |
2. Youtube
Hasil riset atas pencarian pengguna internet terkait youtube (Oktober sampai September) |
Cara pemasaran produk (youtube) |
3. Google +
Hasil riset atas pencarian pengguna internet terkait google + (Oktober sampai September) |
Cara pemasaran produk (google +) |
4. Twitter
Hasil riset atas pencarian pengguna internet terkait twitter (Oktober sampai September) |
Cara pemasaran produk (twitter) |
5. Instagram
Hasil riset atas pencarian pengguna internet terkait instagram (Oktober sampai September) |
Cara pemasaran produk (instagram) |
6. Line
Hasil riset atas pencarian pengguna internet terkait line (Oktober sampai September) |
Cara pemasaran produk (line) |
7. Ask.fm
Hasil riset atas pencarian pengguna internet terkait ask.fm (Oktober sampai September) |
Cara pemasaran produk (ask.fm) |
8. Tumblr
Hasil riset atas pencarian pengguna internet terkait tumblr (Oktober sampai September) |
Cara pemasaran produk (tumblri) |
9. Path
Hasil riset atas pencarian pengguna internet terkait path (Oktober sampai September) |
Cara pemasaran produk (path) |
Baca juga:
Sekian pembahasan tentang Cara Pemasaran Produk (Rekomendasi Media Sosial) dan semoga pembahasan tentang Cara Pemasaran Produk (Rekomendasi Media Sosial) ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.