Investasi merupakan suatu kegiatan penanaman sejumlah modal dalam yang menfaatnya dirasakan dikemudian hari. Investasi merupakan salah satu alternatif bagi siapa saja yang suka menabung, dan hal lain yang membuat investasi menjadi menarik ialah dapat memberikan keuntungan yang besar serta dapat menjadi alat untuk mengendalikan suatu perusahaan pula (saham).

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan ini admin akan membahas tentang mengenal dunia investasi seperti apa itu investasi, pengertian (definisi) investasi menurut para ahli, tujuan investasi, risiko investasi, jenis-jenis investasi dan jangka waktu investasi serta semoga dengan pembahasan tentang mengenal dunia investasi ini dapat menambah pengetahuan kita terkait apa itu investasi.
Mengenal dunia investasi
Mengenal dunia investasi

Mengenal Dunia Investasi

Pengertian (definisi) investasi

Pengertian (definisi) investasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:
1. Pengertian investasi menurut Haming dan Basalamah
Investasi adalah pengeluaran pada saat sekarang untuk membeli aktiva riil (tanah, rumah, mobil, dsb) atau aktiva keuangan dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dimasa yang akan datang, selanjutnya dikatakan investasi adalah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber­sumber (dana) yangdipakai untuk mengadakan barang modal pada saat sekarang, dengan  barangmodal itu akan dihasilkan aliranproduk baru di masa yang akan datang.

2. Pengertian investasi menurut Sadono Sukirno
Investasi dapat diartikan sebagai pengeluaran atau pembelanjaan penanampenanam modal atau perusahaan untuk membeli barang­barangmodal dan perlengkapan­perlengkapan produksi untuk menambahkemampuan memproduksi barang­barang dan jasa­jasa yang tersedia dalam perekonomian.

3. Pengertian Investasi menurut Henry Simamora
Investasi adalah suatu aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk pertumbuhan kekayaannya melalui distribusi hasil investasi (seperti pedapatan bunga, royalty, deviden, pendapatan sewa dan lain – lain), untuk apresiasi nilai investasi, atau untuk manfaat lain bagi perusahaan yang berinvestasi, seperti manfaat yang diperoleh melalui hubungan dagang.

4. Pengertian Investasi menurut Fitz Gerald
Investasi adalah aktivitas yang berkaitan dengan usaha penarikan sumber­sumber yang dipakai untuk mengadakan modal barang pada saat sekarang ini. Barang modal tersebut akan menghasilkan aliran produk baru di masa yang akan datang.

Tujuan investasi

Tujuan investasi adalah sebagai berikut:
1. untuk memperoleh pendapatan yang tetap setiap periode seperti bunga, royalti, dan dividen.
2. untuk mengantisipasi tekanan inflasi.
3. untuk membentuk dana khusus seperti dana ekspansi, dana kepentingan sosial dan sebagainya.
4. untuk mengontrol atau mengendalikan perusahaan lain seperti investasi saham dan sebagainya.
5. untuk menjamin tersedianya bahan baku dan mendapatkan pasar untuk produk yang dihasilkan.
6. Untuk mengurangi persaingan di antara perusahaan-perusahaan yang sejenis.
7. Untuk menjaga hubungan antar perusahaan.

Risiko investasi

Selain memiliki keuntungan, investasi juga memiliki resiko yaitu apabila investasi tersebut gagal. Kegagalan investasi disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah faktor keamanan (baik dari bencana alam atau diakibatkan faktor manusia), ketertiban hukum, dan sebagainya.

Dalam berinvestasi terdapat konsep yang dikenal dengan high risk, high return and low risk, low return. Konsep-konsep tersebut memiliki maksud bahwa jika ingin mendapatkan hasil yang besar, maka harus bersiap dengan risiko yang besar pula dan jika hanya ingin risiko yang kecil maka keuntungannya juga akan kecil. 

Jenis-jenis Investasi

Jenis-jenis investasi dapat dibedakan menjadi dua bentuk yaitu sebagai berikut:
1. Investasi pada aktiva riil
Investasi jenis ini adalah investasi dalam bentuk yang dapat dilihat secara riil (fisik) seperti emas, rumah, tanah dan lain sebagainya.

2. Investasi pada aktiva finansial
Investasi jenis ini adalah investasi dalam bentuk yang biasanya diwakilkan dalam surat-surat berharga, seperti saham, deposito, obligasi dan lain sebagainya.

Jangka waktu investasi

Jangka waktu investasi dapat dibedakan menjadi dua yaitu sebagai berikut:
1. investasi jangka pendek. 
2. investasi jangan panjang.

Baca juga:
Sekian pembahasan tentang mengenal dunia investasi dan semoga pembahasan tentang mengenal dunia investasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.
Categories: