Dalam melakukan suatu transaksi bisnis diperlukan kemudahan-kemudahan demi kelancaran transaksi bisnis tersebut. Hal ini sudah menjadi suatu kebutuhan untuk perusahaan-perusahaan baik perusahaan besar maupun kecil. Salah satu yang bisa mempermudah transaksi bisnis tersebut ialah dengan adanya perbankan, dimana suatu transaksi bisnis bisa dilakukan hanya dalam waktu yang singkat dan mudah tentunya.

Bank dalam kesehariannya sama juga seperti perusahaan lainnya, yaitu melakukan juga kegiatan pemasaran demi memperoleh nasabah. Pada kesempatan ini admin akan mambahas tentang apa itu pemasaran bank serta apa saja produk-produk bank dan semoga pembahasan mengenai pemasaran bank ini bisa bermanfaat bagi teman-teman pembaca.
Pemasaran Bank
Pemasaran Bank

Pemasaran Bank

Pemasaran telah pernah dibahas pada postingan sebelumnya yaitu merupakan proses perancangan komunikasi terpadu dengan tujuan guna memberikan informasi mengenai suatu produk baik barang atau jasa dalam konteks pemenuhan berbagai keperluan dan kebutuhan konsumen.

Sedangkan bank dapat di definisikan sebagai badan usaha yang menghimpun sejumlah dana dari masyarakat dalam berupa simpanan nasabah dan menyalurkan kembali simpanan tersebut kepada masyarakat luas berupa pinjaman/kredit dan atau bentuk lainnya dalam upaya untuk mengembangkan perekonomian masyarakat.

Jadi, pemasaran bank dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh suatu bank untuk memaksimalkan konsumsi sehingga mendapat nasabah untuk membeli produk produknya, memaksimalkan kepuasan pelanggan dengan memberikan ragam pelayanan, memaksimalkan produk-produknya sehingga nasabah memiliki ragam opsi tertentu yang sesuai.

Produk-produk bank pada umumnya adalah adalah sebagai berikut:
1. Simpanan Giro
Produk simpanan giro merupakan simpanan nasabah pada bank yang penarikannya dapat dilakukan oleh si nasabah dengan menggunakan alat transaksi berupa bilyet giro atau cek. 

2. Simpanan Tabungan
Produk ini merupakan simpanan nasabah pada bank yang penarikannya dapat dilakukan oleh si nasabah sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh bank dan penarikan simpanan tabungan tersebut dilakukan dengan menggunakan buku tabungan yaitu slip penarikan tunai dan kartu anjungan tunai mandiri (kartu atm).

3. Simpanan Deposito
Produk ini merupakan simpanan nasabah pada bank yang memiliki jangka waktu tertentu (jatuh tempo) dan penarikan simpanan deposito tersebut dilakukan sesuai jangka waktu yang telah ditentukan.

4. Kredit Investasi
Produk ini merupakan kredit atau pinjaman yang diberikan kepada nasabah untuk membiayai permodalannya dalam rangka pengembangan atau pendirian proyek baru yang pelunasannya dari hasil usaha dengan permodalan yang dibiayai dengan kredit investasi tersebut.dan jangka waktunya menengah/panjang 

5. Kedit Modal Kerja
Produk kredit modal kerja merupakan kredit yang diberikan baik kepada nasabah untuk memenuhi modal kerja yang masa pelunasannya maksimal 12 bulan atau 1 tahun. Kredit modal kerja ini terbagi menjadi tiga yaitu kredit modal kerja – revolving, kredit modal kerja – aflopend dan kredit modal kerja – kontraktor. Kredit modal kerja – revolving ialah produk bank yang diberikan kepada nasabah untuk memenuhi modal kerja dan jatuh tempo maksimal satu tahun namun dapat diperpanjang. Kredit modal kerja – Aflopend ialah produk bank yang diberikan kepada nasabah untuk memenuhi kebutuhan modal kerja yang habis dalam satu siklus usaha. Sedangkan kredit modal kerja – kontraktor merupakan suatu produk bank dan tujukan bagi bidang usaha jasa kontraktor yang habis dalam satu siklus usaha untuk memenuhi kebutuhan modal kerja dikhususkan

6. Kredit Perdagangan
Produk ini merupakan pinjaman atau kredit yang diberikan kepada nasabah yang berprofesi sebagai pedagang dalam rangka memperlancar, mengembangkan atau melakukan ekspansi bisnis.

7. Kredit Produktif
Produk kredit produktif merupakan pinajaman atau kredit yang diberikan kepada nasabah yaitu berupa investasi, modal kerja atau modal usaha. 

8. Kredit Konsumtif
Produk kredit konsumtif merupakan pinjaman atau kredit yang diberikan kepada nasabah dan digunakan untuk kepentingan pribadi si nasabah tersebut.

9. Kredit Profesi
Produk ini merupakan kredit yang diberikan kepada nasabah yang berasal dari kelompok professional.

Baca juga:
Sekian pembahasan tentang Pemasaran Bank dan semoga pembahasan tentang pemasaran bank ini dapat memberikan pengetahuan kepada teman-teman tentang apa itu pemasaran bank dan apa saja produk bank. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.
Categories: