Internet pada masa sekarang ini merupakan suatu kebutuhan yang sangat diperlukan oleh semua orang, karena dengan tersedianya internet setiap orang dapat mengakses segala sesuatu hal dengan cepat dan mudah tanpa dibatasi oleh waktu dan lokasi selama mempunya akses internet yang mendukung.

Salah satu pemanfaatan internet yang dilakukan oleh banyak orang ialah sebagai sarana pemasaran suatu produk tertentu dan pada kesempatan ini admin akan membahas tentang pengertian pemasaran online, manfaat pemasaran online dan kelebihan pemasaran online serta semoga dengan pembahasan tentang pemasaran online ini dapat membantu temen-temen, memberikan suatu inspirasi pemasaran dan manfaat lainnya.
Pengertian Pemasaran Online
Pengertian Pemasaran Online

Pengertian Pemasaran Online

Pemasaran secara online merupakan suatu kegiatan pemasaran produk baik barang maupun jasa tertentu yang menggunakan internet dan media elektronik seperti computer, laptop dan android sebagai media pemasarannya kepada konsumen.

Manfaat pemasaran online dan kelebihan pemasaran online adalah sebagai berikut:

1. Pemasaran online bisa menjangkau konsumen/pelanggan tanpa dibatasi oleh waktu.

Dengan dilakukannya pemasaran online, penjual dan konsumen terhubung melalui internet dan tidak terbatas oleh waktu, dimana si konsumen bisa melihat informasi pemasaran suatu produk kapan saja selama 24 jam selama si konsumen tersebut punya akses internet dan media elektronik yang untuk mengakses internet itu sendiri.

2. Pemasaran online dapat menjangkau konsumen/pelanggan secara luas tanpa dibatasi oleh lokasi.

Dengan dilakukannya pemasaran online, penjual dan konsumen terhubung melalui internet dan tidak terbatas oleh lokasi, dimana si penjual dapat mengakses si konsumen yang lokasi tidak tahu dimana atau jauh dari penjual bahkan meski di negara lain sekalipun dan begitu pula sebaliknya dimana konsumen dapat menghubungi si penjualan meski berada pada negara yang berbeda dengan si penjual.

3. Pemasaran online mempermudah penjual dengan konsumen/pelanggan dalam melakukan suatu komunikasi.

Dengan dilakukannya pemasaran online, penjual dan konsumen terhubung melalui internet dan dapat melakukan suatu komunikasi tentang suatu produk antara penjual dan pembeli. Komunikasi tersebut bisa dilakukan dengan berbagai fitur yang bervariasi seperti e-mail, facebook, twitter, bbm, instagram, line dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Pemasaran online dapat mengefisienkan biaya.

Dengan dilakukannya pemasaran online, penjual dan konsumen terhubung melalui internet dimana penjual tidak perlu membuat lapak fisik dan tidak perlu media promosi lainnya seperti brosur, proster dan lain sebagainya karena semuanya telah menggunakan media elektronik berbasis internet begitu pula dengan konsumen, konsumen tidak perlu mengeluarkan suatu biaya tambahan untuk datang langsung ke tempat penjual tapi bisa menggunakan internet saja.

Baca juga:
Sekian pembahasan tentang pengertian pemasaran online, manfaat pemasaran online dan kelebihan pemasaran online ini dapat membantu teman-teman dalam mengembangkan pemasaran dan strategi pemasaran. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.