Kegiatan pemasaran dalam pelaksanaannya memang memerlukan perencanaan pemasaran, strategi  pemasaran dan manajemen pemasaran hingga suatu sistem pemasaran guna pemasaran tersebut bisa sesuai dengan harapan dan tujuan perusahaan.

Suatu sistem pemasaran pemasaran menjadi sangat penting karena dengan adanya suatu sistem pemasaran maka kegiatan pemasaran suatu perusahaan menjadi lebih baik, efektif dan efisien. Pada kesempatan ini admin akan membahas mengenai apa itu sistem pemasaran dan apa saja macam-macam sistem pemasaran tersebut dan semoga dengan pembahasan mengenai sistem pemasaran ini dapat bermanfaat bagi teman-teman.
Sistem pemasaran
Sistem pemasaran

Sistem Pemasaran

Pengertian sistem pemasaran

Sistem berasal dari bahasa latin yang merupakan suatu kesatuan yang terdiri bagian-bagian atau komponen yaitu tujuan, masukan, proses, keluaran, batas, mekanisme pengaturan dan feedback, serta lingkungan yang saling dikaitkan untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditargetkan.

Sedangkan pemasaran telah pernah kita bahas pada pembahasan-pembahasan sebelumnya, jadi sistem pemasaran dapat kita artikan sebagai suatu sistem yang digunakan dalam kegiatan pemasaran untuk memudahkan kegiatan pemasaran sehingga tercapailah tujuan pemasaran tersebut.

Macam-macam sistem pemasaran

Sistem pemasaran dapat dikategorikan menjadi sistem pemasaran vertikal, sistem pemasaran horizontal dan sistem pemasaran ganda.

1. Sistem pemasaran vertikal

Terdiri dari produsen, grosir dan pengecer yang bertindak dalam satu kesatuan pada pelaksanaannya dan inilah yang dikenal sebagai sistem pemasan vertikal. Sistem pemasaran vertikal terbagi ke dalam tiga jenis yaitu sistem pemasaran korporat, sistem pemasaran administrasi serta sistem pemasaran kontraktual.

2. Sistem pemasaran horizontal

Sistem ini merupakan suatu sistem pemasaran dimana pada pelaksanaannya terdapat lebih dari satu perusahaan yang tidak memiliki hubungan satu sama lain dan menyatukan sumber dayanya untuk memperbasar peluang pemasarannya.

3. Sistem pemasaran ganda

Perpaduan antara kedua sistem yang dijelaskan di atas adalah sistem pemasaran ganda yaitu antara sistem pemasaran vertikal dan juga horizontal.

Baca juga:

Sekian pembahasan tentang sistem pemasaran dan semoga pembahasan tentang sistem pemasaran ini dapat memberikan pengetahuan kepada teman-teman tentang apa itu sistem pemasaran dan apa saja macam-macam sistem pemasaran. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.
Categories: