Konsep pemasaran jasa pada dasarnya sama seperti halnya konsep pemasaran pada umumnya yaitu pada konsep pemasaran tersebut diterangkan bahwa kunci untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu bagaimana cara perusahaan dalam  menentukan kebutuhan pasar yang ditargetkan, keinginan pasar yang ditargetkan serta membuat pasar yang ditargetkan tersebut merasa puas sesuai dengan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien.

Suatu perusahaan atau suatu usaha yang mengharapkan keberhasilan sehingga memperoleh keuntungan sesuai yang diharapkan seharusnya mengetahui dan mengerti apa itu konsep pemasaran dan bagaimana konsep pemasaran. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang konsep pemasaran jasa yaitu apa itu konsep pemasaran jasa dan bagamaina konsep pemasaran jasa dan semoga dengan pembahasan tentang konsep pemasaran jasa ini dapat bermanfaat bagi teman-teman sekalian baik dalam hal pendidikan maupun untuk persiapan dan pengembangan bisnis.
konsep pemasaran jasa
Konsep pemasaran jasa

Konsep Pemasaran Jasa 

Konsep pemasaran jasa dapat dikategorikan sebagai berikut, yaitu konsep produksi  atau production concept, konsep produk atau product concept, konsep penjualan atau selling concept, konsep pemasaran atau marketing concept dan konsep pemasaran sosial atau social marketing concept.

1. Konsep produksi atau production concept

Konsep pemasaran ini menjelaskan, setiap konsumen akan lebih respect atau lebih menyukai suatu produk apabila produk tersebut ada dan tersedia dibanyak tempat atau dimana-mana serta harganya relatif murah sesuai dengan kemampuan si konsumen tersebut. Jadi dapat disimpulkan bahwa konsep pemasaran ini berorientasi pada produksi dan memaksimalkan produksi produk tersebut dengan efisien serta memaksimalkan jangkauan distribusi produk tersebut kepada masyarakat luas. 

Dalam konteks konsep pemasaran jasa, maka suatu perusahaan jasa tersebut harus berorientasi pada pemaksimalan ketersediaan jasanya sehingga konsumen bisa memperoleh jasa yang disediakan oleh perusahaan tersebut dengan  mudah dan cepat.

2. Konsep produk atau product concept

Konsep pemasaran ini menjelaskan setiap konsumen akan lebih respect atau menyukai suatu produk apabila produk tersebut memiliki mutu yang bagus, ciri khas yang unik dibandingkan dengan produk-produk lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa konsep pemasaran ini berorientasi pada produk dan memaksimalkan kualitas dan kelebihan-kelebihan dari suatu produk sehingga terlihat berbeda dan sangat menarik jika dibandingkan dengan produk lainnya yang sejenis.

Dalam konteks konsep pemasaran jasa, maka suatu perusahaan jasa tersebut harus berorientasi pada pemaksimalan kualitas jasanya sehingga konsumen bisa mendapatkan kepuasan jika menggunkan jasa tersebut karena keunggulan dan keunikan jasa tersebut dibandingkan jika memakai jasa lainnya.

3. Konsep penjualan atau selling concept

Konsep pemasaran ini menerangkan bahwa setiap konsumen lebih respect atau lebih menyukai suatu produk apabila produk tersebut tersedia secara lengkap dan banyak serta perusahaan melakukan kegiatan penjualan serta promosi dengan gencar kepada konsumen. Jadi dapat disimpulkan bahwa konsep pemasaran ini berorientasi pada kegiatan penjualan serta promosi dengan gencar sehingga konsumen tersebut baru akan merasa tertarik.

Dalam konteks pemasaran jasa, maka suatu perusahaan jasa tersebut harus berorientasi pada pemaksimalan lengkap jasanya dan melakukan promosi kepada konsumen dengan gencar dan konsumen merasa senang, puas serta merasa penting dan mau menggunakan jasa tersebut dibandingkan jika menggunakan jasa lainnya yang sejenis.

4. Konsep pemasaran atau marketing concept

Konsep pemasaran ini menerangkan bahwa setiap konsumen lebih respect atau lebih menyukai suatu produk apabila produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya serta merasa puas. Jadi dapat disimpulkan bahwa konsep pemasaran ini berorientasi pada kepuasan konsumen yang diperoleh dari pemenuhan kebutuhan dan keinginan yang sesuai harapan si konsumen tersebut serta berdasarkan tingkat kemudahan untuk memperoleh produk tersebut.

Dalam konteks konsep pemasaran jasa, maka suatu perusahaan jasa tersebut harus berorientasi pada pemaksimalan kepuasan pelanggan dengan cara memberikan suatu jasa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan si konsumen dan pelayanan lainnya yang menyenangkan si konsumen sehingga konsumen tersebut merasa puas dengan pelayanan dan jasa yang diberikan dibandingkan jika menggunakan jasa lainnya yang sejenis.

5. Konsep pemasaran sosial

Konsep pemasaran ini menerangkan bahwa setiap konsumen lebih respect atau lebih menyukai suatu produk apabila produk tersebut menghasilkan suatu manfaat lebih dan konsumen turut diajak untuk ikut berpartisipasi dengan produk tersebut sehingga keuntungan dan kepuasan dirasakan bersama-sama. Jadi dapat disimpulkan bahwa konsep pemasaran ini berorientasi pada kepuasan bersama dimana konsumen juga dapat merasakan suatu manfaat dan bisa meningkatkan taraf kesejahteraan berkat manfaat tersebut.

Dalam konteks konsep pemasaran jasa, maka suatu perusahaan jasa tersebut harus berorientasi pada kesejahteraan konsumen, dimana konsumen tersebut turut diajak berpartisipasi atau konsumen tersebut mendapat manfaat lebih atas jasa tersebut dibandingkan jika menggunakan jasa lainnya yang sejenis.

Baca juga:
Sekian pembahasan tentang konsep pemasaran jasa dan semoga pembahasan tentang konsep pemasaran jasa ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.
Categories: