Internet banking sekarang ini bukanlah suatu hal yang asing, karena internet banking merupakan salah satu penunjang bisnis dan pemasaran yang dilakukan oleh setiap perusahaan dan juga atas keperluan pribadi masyarakat luas.

Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang bank mandiri internet banking dan semoga dengan pembahasan tentang bank mandiri internet banking maka akan menambah pengetahuan teman-teman tentang siapa itu bank mandiri, apa itu internet banking bank mandiri, apa saja syarat menggunakan IB Bank Mandiri dan bagaimana tata cara penggunaan IB Bank Mandiri.
Bank mandiri internet banking
Bank Mandiri Internet Banking

Bank Mandiri IB

Bank Mandiri sebagai salah satu bank pemerintah yang terkemuka di Indonesia juga menyediakan internet banking bagi para nasabahnya untuk mempermudah si nasabah tersebut dalam melakukan transaksi berbasis internet banking dengan cepat, aman, nyamanm mudah dan murah. 

Bank Mandiri

Bank Mandiri atau PT Bank Mandiri (Persero), Tbk merupakan bank yang memiliki reputasi yang sangat bagus di Indonesia dan juga salah satu bank yang berstatus milik pemerintah Republik Indonesia yang telah berdiri sejak tanggal 2 Oktober 1998. Bank Mandiri dulunya terbagi dalam beberapa bank pemerintah Indonesia namun seiring berjalannya waktu akhirnya pada bulan Juli tahun 1999 mereka melakukan penggabungan usaha (merger) menjadi satu kesatuan yang sekarang kita kenal dengan nama Bank Mandiri.

Tahap satu pada tahun 2005 sampai 2009

Program transformasi tahap satu pada tahun 2005 sampai 2009 terbagi menjadi tiga tahap yaitu tahap satu pada tahun 2006 sampai 2007 (back on track), tahap dua pada tahun 2008 sampai 2009 (outperform the market) dan tahap tiga pada tahun 2010 (shaping the end game). Tahap satu pada tahun 2006 sampai 2007 (back on track), PT Bank Mandiri memfokuskan untuk merekonstruksi ulang pondasi untuk berkembang di masa depan. Tahap dua pada tahun 2008 sampai 2009 (outperform the market), Bank Mandiri memfokuskan untuk melakukan ekspansi bisnis yang mampu menjamin perkembangan yang signifikan pada berbagai bidang dengan pendapatan yang melebihi target rata-rata pasar. Sedangkan tahap tiga pada tahun 2010 (Shaping the End Game), Bank Mandiri memfokuskan untuk menjadi bank regional nomor satu di Indonesia.

Tahap dua pada tahun 2010 sampai 2014

Program transformasi tahap dua pada tahun 2010 sampai 2014 Bank Mandiri melaksanakan tahap transformasi lanjutan dengan cara revitalisasi visi, yaitu menjadi lembaga keuangan yang dikagumi. 

Selanjutnya pada tahun 2020, Bank Mandiri menargetkan untuk mampu bersaing dengan Bank besar Asean. Untuk mewujudkan visi tersebut, transformasi bisnis di Bank Mandiri pada tahun 2010 - 2014 akan difokuskan pada Wholesale transaction, Retail deposit & payment dan Retail Financing. Wholesale transaction yang dimaksudkan adalah memperkuat leadership-nya dengan menawarkan berbagai jalan keluar atau solusi atas transaksi keuangan yang komprehensif serta membangun hubungan yang holistik. Memiliki aspirasi untuk menjadi bank favorit nasabah di bidang retail deposit dengan pengalaman perbankan yang unggul bagi seluruh nasabah. Sedangkan Retail Financing yang dimaksudkan adalah memiliki aspirasi untuk menjadi terdepan dalam bidang pembiayaan ritel, khususnya guna terdepan dalam persaingan KPR, pinajaman individu dan Credit Card serta menjadi salah satu aktor utama di micro banking.
Bank Mandiri Internet Banking
Bank Mandiri Internet Banking (Sumber :www.mandirifiestapoin.co.id)

Internet Banking

IB adalah istilah umum yang sering digunakan dan memiliki arti perbankan elektronik (E-Banking). Internet banking adalah suatu penerapan teknologi informasi atau suatu fasilitas berbasis teknologi informasi yang disediakan oleh pihak bank (seperti bank mandiri, bank bca, bank bri, bank bni, bank mega, bank syariah mandiri dan lain-lain) yang bertujuan untuk mempermudah akses nasabah dalam melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dimana saja tanpa batas tertentu dengan cepat, aman, nyaman, mudah dan murah (seperti transaksi pembayaran, pembelian, transfer dan lain-lain) dengan hanya menggunakan internet yang tersedia.

Internet banking memberikan berbagai keuntungan baik bagi nasabah maupun pihak bank itu sendiri. Keuntungan yang diperoleh pihak anata lain seperti ekspansi bisnis dan sebagainya.

Bank Mandiri IB

Cara mengakses layanan ini, terlebih dahulu si nasabah tersebut harus membuka rekening bank mandiri dan mendaftar sebagai nasabah yang aktif menggunakan internet banking. Proses pendapaftaran tersebut bisa langsung dilakukan nasabah di Bank Mandiri.

Syarat pendaftaran internet banking mandiri, yaitu nasabah harus mempunyai rekening di Bank Mandiri. Kemudian untuk pendaftaran di ATM, nasabag harus telah memiliki kartu debit mandiri sedangkan untuk pendaftaran di kantor cabang, maka mesti melampirkan identitas diri seperti kartu tanda penduduk, sim dan sebagainya serta bukti kepemilikan rekening (buku tabungan, kartu Mandiri Debit).

Selanjutnya, tata cara pendaftaran internet banking mandiri yaitu melakukan pendaftaran internet banking mandiri dan melakukan aktivasi internet banking mandiri dan token. Pendaftaran internet banking bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu cara satu Datang dan daftar di ATM bank mandiri lalu masuk ke menu utama dan pilih registrasi e-banking serta ikuti segala petunjuknya sesuai dengan yang tertera pada layar mesin atm. Untuk nomor Access ID, gunakan 16 digit nomor kartu debit mandiri anda. Setelah melakukan pendaftaran atau registrasi via atm, segera dapatkan nomor Token di kantor cabang Bank Mandiri, caranya dengan mengisi formulir penggunaan token serta ikuti buku petunjuk penggunaan yang terdapat di dalam box Token. Sedangkan cara dua Datang dan daftar ke cabang bank mandiri lalu Isi formulir aplikasi pendaftaran eBanking, selanjutnya bank akan mengirimnya ke email anda dan Access Code harus Anda ambil kembali di kantor cabang tersebut selang beberapa hari setelah melakukan pendaftaran (Access Code diserahkan dalam amplop tertutup) dan dapatkan pula token setelah mengisi formulir pemakaian token serta ikuti buku petunjuk penggunaan yang terdapat di dalam box Token. Tahap terakhir sebelum internet banking bank mandiri siap digunakan adalah aktivasi mandiri internet dan token dengan cara membuka situs resmi bank mandiri (www.bankmandiri.co.id) lalu klik tombol aktivasi dan masukkan Access ID dan Access Code yang diberikan oleh pihak bank setelah Anda melakukan registrasi di ATM atau cabang Bank Mandiri. Selanjutnya buatlah User ID beserta PIN IB Mandiri anda untuk bisa login kedalam layanan Internet Banking Bank Mandiri klik tombol Login lalu masuk ke menu administrasi dan pilih Aktivasi Token PIN Mandiri dan setelah itu anda sudah bisa menggunakan internet banking mandiri.

Baca juga:
Sekian pembahasan tentang bank mandiri internet banking dan semoga pembahasan mengenai bank mandiri internet banking ini bisa bermanfaat bagi teman-teman. Terimakasih.
Categories: