Perbedaan Pemasaran dan Penjualan – Proses terjualnya suatu produk pada umumnya dimulai dari proses produksi, proses pemasaran hingga proses penjualan dan dalam beberapa kasus tertentu mungkin saja ada penambahan proses tertentu.

Pemasaran dan penjualan merupakan dua hal yang berbeda namun saling memiliki keterkaitan satu sama lain, dimana suatu produk dalam proses penjualannya jika tidak didukung dengan pemasaran maka penjualan tersebut tidak akan maksimal. Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang perbedaan pemasaran dan penjualan dan semoga dengan pembahasan tentang perbedaan pemasaran dan penjualan ini nantinya teman-teman yang belum mengetahui hal ini menjadi tahu dan yang telah tahu menjadi semakin tahu.
Perbedaan pemasaran dan penjualan
Perbedaan pemasaran dan penjualan

Perbedaan Pemasaran dan Penjualan

Apakah pemasaran sama dengan penjualan ?

Mungkin pertanyaan itu terdengar lucu bagi anda yang berasal dari kalangan ekonomi. 

Namun jika anda tidak berasal dari kalanganan yang tidak memiliki basic ekonomi dan atau baru saja mengenal ekonomi mungkin pernah terpikirkan hal tersebut, namun itu merupakan sesuatu yang sangat yang wajar.

Untuk mengetahui apa perbedaan pemasaran dan penjualan, kita akan langsung melihat perbedaannya dari tiga aspek saja dan membahasnya dimulai dengan perbedaan pengertian pemasaran dan penjualan, perbedaan konsep pemasaran dan penjualan serta perbedaan tujuan pemasaran dan penjualan.

1. Perbedaan pengertian pemasaran dan penjualan


Pengertian pemasaran atau definisi pemasaran menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Pengertian pemasaran atau definisi pemasaran menurut Prof. Dr. Sofjan Assauri
Prof. Dr. Sofjan Assauri merupakan Anggota Dewan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia di Jakarta. 

Menurut Prof. Dr. Sofjan Assauri, pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.


Pengertian pemasaran atau definisi pemasaran menurut Prof. Philip Kotler
Prof. Philip Kotler adalah salah satu pakar terkemuka dunia di bidang pemasaran dan Guru Besar Kehormatan S.C. Johnson & Son di bidang Pemasaran Internasional di Kellog Graduate School of Management, Northwestern University. 

Menurut Prof. Philip Kotler, pemasaran adalah sebuah proses managerial yang orang-orang didalamnya mendapatkan apa yang mereka inginkan dan butuhkan melalui penciptaan dan pertukaran produk-produk yang ditawarkan dan nilai produknya kepada orang lain.


Sedangkan pengertian penjualan atau definisi penjualan menurut para ahli adalah sebagai berikut:

Pengertian penjualan atau definisi penjualan menurut Prof. Basu Swastha Dharmmesta
Prof. Basu Swastha Dharmmesta merupakan seorang Guru Besar Pemasaran Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

Menurut Prof. Basu Swastha Dharmmesta, penjualan adalah ilmu dan seni mempengaruhi pribadi yang dilakukan oleh penjual, untuk mengajak orang lain supaya bersedia membeli barang atau jasa yang ditawarkan.


Pengertian penjualan atau definisi penjualan menurut Prof. William G. Nickels
Prof. William G. Nickels merupakan Guru Besar di Universitas Maryland di Amerika Serikat.

Menurut Prof. William G. Nickels, penjualan adalah proses dimana sang penjual memuaskan segala kebutuhan dan keinginan pembeli agar dicapai manfaat baik bagi sang  penjual maupun sang pembeli yang berkelanjutan dan yang menguntungkan kedua belah pihak.

2. Perbedaan konsep pemasaran dan penjualan


Jika membahas mengenai konsep pemasaran dan konsep penjualan, anda harus tahu bahwa sebenarnya kedua konsep ini merupakan dua konsep dari lima konsep yang digunakan biasa digunakan oleh suatu perusahaan.

Konsep-konsep tersebut merupakan konsep yang berkembang dari suatu konsep ke konsep lainnya sesuai dengan orientasi perusahaan dalam menjalankan usahanya. Konsep orientasi tersebut terdiri dari lima konsep, antara lain:
  • Konsep produksi (production concept)
  • Konsep produk (product concept)
  • Konsep pemasaran (marketing concept)
  • Konsep penjualan (selling concept)
  • Konsep pemsaran sosial (social marketing concept)

Pada kesempatan ini kita hanya membahas mengenai konsep pemasaran dan konsep pemasaran saja.

Jika anda ingin mengetahui seperti apa kelima konsep tersebut, anda dapat melihatnya pada postingan yang lalu dengan judul Konsep Pemasaran Jasa.


Konsep pemasaran (marketing concept)
Konsep pemasaran menerangkan bahwa setiap konsumen lebih respect atau lebih menyukai suatu produk apabila produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya serta merasa puas. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa konsep pemasaran berorientasi pada kepuasan konsumen yang diperoleh dari pemenuhan kebutuhan dan keinginan yang sesuai harapan si konsumen tersebut serta berdasarkan tingkat kemudahan untuk memperoleh produk tersebut.

Konsep penjualan (selling concept)
Konsep penjualan menerangkan bahwa setiap konsumen lebih respect atau lebih menyukai suatu produk apabila produk tersebut tersedia secara lengkap dan banyak serta perusahaan melakukan kegiatan penjualan serta promosi dengan gencar kepada konsumen. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa konsep penjualan berorientasi pada kegiatan penjualan serta promosi dengan gencar sehingga konsumen tersebut baru akan menyukainya.

3. Perbedaan tujuan pemasaran dan penjualan


Tujuan pemasaran menurut Prof. Buchari Alma
Prof. Buchari Alma merupakan Guru Besar pada Program Studi / Departemen Pendidikan Manajemen Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia (FPEB UPI) dan Program Studi Magister Manajemen Bisnis Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (SPs UPI).

Menurut Prof. Buchari Alma, tujuan pemasaran adalah memberi kepuasan kepada konsumen dan bukan komersial atau mencari laba, tapi memberi kepuasan kepada konsumen.


Tujuan pemasaran menurut Prof. J Supranto
Prof. J Supranto merupakan Guru Besar pada Universitas Persada Indonesia YAI Jakarta.

Menurut Prof. J Supranto, tujuan pemasaran adalah bagaimana agar barang dan jasa yang dihasilkan disukai, dibutuhkan, dan dibeli oleh konsumen.


Tujuan penjualan menurut Prof. Basu Swastha Dharmmesta
Prof. Basu Swastha Dharmmesta merupakan seorang Guru Besar Pemasaran Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.

Menurut Prof. Basu Swastha Dharmmesta, tujuan penjualan adalah berusaha mencapai volume penjualan, berusaha mendapatkan laba atau profit akhir melebihi volume penjualan dan Produk lebih diperhatikan daripada kepuasan pelanggan sehingga kelangsungan perusahaan dapat dipertahankan.


Tujuan penjualan menurut Prof. Winardi
Prof. Winardi merupakan Guru Besar Madya dalam ilmu Administrasi Pembangunan pada Unit Kerja Fakultas Universitas Padjadjaran Bandung dan meruppakan konsultan dalam bidang Manajemen Pemasaran pada sejumlah perusahaan swata di Kota Bandung.

Menurut Prof. Winardi, tujuan penjualan adalah untuk menciptakan permintaan akan produk tertentu dan mengusahakan untuk mencari pembeli, kepada siapa produk tersebut akan dijual dengan harga yang memuaskan pihak penjual.

Baca juga:
Sekian pembahasan tentang Perbedaan Pemasaran dan Penjualan dan semoga pembahasan tentang Perbedaan Pemasaran dan Penjualan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.
Categories: