Contoh skripsi pemasaran - Skripsi merupakan suatu karya tulis ilmiah yang diharuskan kepada seluruh mahasiswa strata 1 setiap universitas di Indonesia baik universitas negeri maupun universitas swasta. Namun kebanyakan mahasiswa sering kali mengalami kesulitan saat penyusunan skripsi ini yang disebabkan oleh banyak dengan berbagai macam alasan pula.

Jadi, Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang contoh skripsi pemasaran yang berjudul Analisis Strategi Pemasaran Produk Karton Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan pada   PT Sumber Tugu Mustika Kawasan Industri Medan (Oleh Surfiza Silalahi) dan semoga saja dengan pembahasan tentang contoh skripsi pemasaran ini dapat berguna bagi teman-teman semua.
Contoh skripsi pemasaran
Contoh skripsi pemasaran

Contoh Skripsi Pemasaran

Informasi peneliti

Penelitian ini dilakukan oleh Surfiza Silalahi SE yang berstatus sebagai mahasiswa Fakuktas Ekonomi, Jurusan Manajemen, Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan.

Penelitian ini dilakukan pada tahun 2004 guna memenuhi salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (SE).

Objek penelitian

Penelitian tentang Analisis Strategi Pemasaran Produk Karton Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan dilakukan oleh Surfiza Silalahi pada PT Sumber Tugu Mustika Kawasan Industri Medan di tahun 2004.

PT Sumber Tugu Mustika merupakan perusahaan pengolahan barang siap pakai yang beralamat di Desa Kebun Sayur, Jl. Industi Tanjung Morawa B, Kabupaten Deli Serdang. Produk yang dihasilkan oleh PT Sumber Tugu Mustika ialah komoditi dus karton gelombang (corrugated carton box).

PT Sumber Tugu Mustika berdiri sejak April 1993 dan diresmikan pada 12 Oktober 1993 dengan para pendirinya, yaitu:
1. Tn. Tjioe Tjoeng Hua
2. Tn. Jono Sidharta
3. Tn. Drs. Undjur Soa Gumon Hutapea
4. Nona Tjan Ratna Santoso 
5. Tn. Ali Sentosa Koedrat 
6. Tn. Ali santoso
7. Ny. Mina Simanjuntak
8. Tn. Hatigoran Silitonga

PT Sumber Tugu Mustika dalam perjalanan bisnisnya menggunakan strategi pemasaran guna merebut pasar dan mempertahankan kedudukan sehingga volume penjualannya mengalami peningkatan dan target penjualannya tercapai. 

Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Sumber Tugu Mustika adalah menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) yang merupakan perpaduan sari beberapa unsur yaitu produk, harga, tempat dan promosi. 

Baca lebih jelasnya tentang apa itu bauran pemasaran.

Abstrak skripsi

Penelitian ini merupakan penelitian terhadap kebijakan strategi pemasaran PT Sumber Tugu Mustika Kawasan Industri Medan dalam upaya meningkatkan volume penjualan karton. 

Dengan hipotesis bahwa penerapan strategi pemasaran yang belum tepat oleh PT Sumber Tugu Mustika menjadi penyebab tidak tercapainya target penjualan karton serta peningkatan volume penjualan karton perusahaan, dan juga harga mempunyai hubungan erat dengan volume penjualan karton. 

Metode analisis yang digunakan oleh penulis dalam penelitian adalah metode analisis deskriptif dan korelasi dengan terlebih dahulu mengumpulkan data dengan teknik wawancara dan daftar pertanyaan/questioner

Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik yaitu uji "t" yang menggunakan harga sebagai variabel bebas dan volume penjualan karton sebagai variabel tak bebas. 

Hasil analisis terhadap data penelitian menunjukkan bahwa penetapan harga yang dilakukan oleh    PT Sumber Tugu Mustika mempunyai hubungan dengan penjualan karton dan bernilai positif. 

Hal ini terbukti dari hasil analisis korelasi yang dilakukan terhadap data penjualan perusahaan, dimana nilai r adalah sebesar 0.879 dengan koefisien determinasi r² adalah 0.7726. Berarti besarnya tingkat penjualan yang dialami perusahaan ini 77.26% dipengaruhi harga, dan 22,74% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian terdapat hubungan (korelasi) antara harga dengan volume penjualan. 

Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji "t" juga menunjukkan bahwa pada penjualan karton terdapat hubungan harga mempengaruhi penjualan. 

Hal ini dapat dilihat dengan hasil t hitung sebesar 3,191 dan t tabel sebesar 3,1824. Akan tetapi meskipun harga mempengaruhi volume penjualan, bukan berarti harga yang menjadi penyebab utama tidak tercapainya target penjualan. 

Hal ini dapat dilihat dari koefisien non determinasi sebesar 22,74% dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonorni, politik, kebijakan pemerintah, keamanan, produk, dan distribusi.

Download skripsi

Lihat, perhatikan dan lakukan seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini:
Download contoh skripsi pemasaran
Download contoh skripsi pemasaran
Download Contoh Skripsi Pemasaran di "http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/11027"

Baca juga:
Sekian pembahasan tentang contoh skripsi pemasaran dan semoga pembahasan tentang contoh skripsi pemasaran ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.