Suatu perusahaan sangat memerlukan pemasaran untuk keberlangsungan usahanya, hal ini dikarenakan dengan adanya kegiatan pemasaran suatu perusahaan dapat mengenalkan produk mereka kepada konsumen yang nantinya dibeli oleh si konsumen tersebut.

Dalam melakukan pemasaran, suatu perusahaan harus mempunyai suatu strategi pemasaran sebelum melakukan kegiatan pemasaran tersebut dan pastinya harus paham tentang strategi pemasaran, pengertian strategi pemasaran, strategi pemasaran global, strategi pemasaran jasa, strategi pemasaran produk baru, strategi pemasaran produk, strategi pemasaran online, strategi pemasaran produk online dsb. Pada kesempatan ini admin membahas tentang strategi pemasaran dan semoga bahasan strategi pemasaran ini bisa bermanfaat bagi teman sekalian.
Strategi pemasaran dan definisi strategi pemasaran
Gambar Strategi pemasaran.

Strategi Pemasaran

Merupakan suatu tahapan seleksi pasar yang ditarget, penentuan posisi bersaing dan pengembangan bauran pemasaran yang menarik untuk mencapai serta melayani konsumen yang telah ditarget. 

Umumnya dalam pemasaran, perusahaan biasa melakukan strategi sebagai berikut:
1. Memilih target konsumen
2. Mengindentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen
3. Menentukan bauran pemasaran

Umumnya perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya dalam pasar sasaran menggunakan rumus pemasaran yang biasa dikenal dengan bauran pemasaran atau marketing mix yang terdiri dari:
1. Product atau Produk;
2. Price atau Harga;
3. Place atau Lokasi;
4. Promotion atau Promosi;

Selanjutnya, perusahaan melakukan analisis strategi sebelum keputusan pemasaran dijalankan supaya strategi pemasaran menjadi efektif dan efisien saat pelaksanaannya. Proses penyusunan strategi pemasaran ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu:

1. Tahap analisis strategi. Langkah pertama pada tahapan ini perusahaan melakukan analisis secara komprehensif terhadap situasi pemasaran dalam situasi tertentu dengan memperhatikan pemasaran yang terdiri dari (1) pengambilan keputusan (2) posisi siklus hidup (3) segmentasi (4) penempatan posisi (5) respon pasar (6) pola persaingan. Langkah kedua perusahaan melihat bagaimana respon pasar terhadap produk tersebut, dimana respon tersebut nantinya akan mempengaruhi varibel pemasar seperti produk, harga, promosi dan sebagainya. Langkah ketiga perusahaan melakukan analisa terkait hasil analisa dengan kemampuan perusahaan.

2. Tahap pengambilan keputusan strategi. Langkah pertama pada tahapan ini perusahaan menentukan tujuan dan sasaran, merumuskan suatu program, komitmen terhadap sumber daya dan selanjutnya membuat perencanaan secara rinci.

3. Tahap implementasi strategi. Pada tahapan ini rencana dan program strategi meliputi rencana, taktik dan hasil.

Baca pula artikel berikut ini Pengertian Strategi Pemasaran dan Pengertian Pemasaran (Marketing Definition) supaya lebih memahami pembahasannya.

Sekian pembahasan tentang strategi pemasaran dan semoga pembahasan mengenai strategi pemasaran ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.