Perusahaan dalam melakukan kegiatan operasionalnya harus mempertimbangkan untuk menggunakan berbagai macam pertimbangan atau menganalisis segala sesuatu terkait dengan usahanya, produknya, pesaingnya, pasarnya dan sebagainya.
Analisis yang sering dipakai biasanya oleh perusahaan bervariasi namanya dan cara menganalisanya, namun dapat dipastikan tujuan semua itu sama yaitu, supaya perusahaan bisa menjual produknya dan memperoleh laba. Namun analisis yang sering digunakan oleh perusahaan adalah analisis swot dan pada kesempatan ini admin membahasa tentang analisis swot, definisi analisis swot (pengertian analisis swot), apa itu analisis swot, teori analisis swot, tujuan analisis swot, manfaat analisis swot, fungsi analisis swot serta semoga bahasan tentang analisis swot ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian.
Gambar Analisis Swot |
Analisis Swot
SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weaknesses, Opportunities dan Threat. Analisis swot merupakan proses pengidentifikasian kekuatan serta kelemahan secara internal dari sesuatu serta kesempatan dan ancaman yang datang dari lingkungan sekitar usaha atau bisnis dijalankan (ektsternal).
1. Pengertian analisis swot menurut para ahli pemasaran
Menurut Wahyudi, Sri Agus (1996 : 68), menjelaskan analisis swot sebagai berikut:
a. Strength atau kekuatan;
Strength (kekuatan) merupakan suatu keunggulan sumber daya, kelihaian atau kemampuan lainnya yang sesuai terhadap kompetitor serta kebutuhan pasar yang dilayani atau akan dilayani oleh si perusahaan.
b. Weaknesses atau kelemahan;
Weaknesses (kelemahan) merupakan suatu keterbatasan atau kekurangan dalam hal sumber daya, keterampilan dan kemampuan yang akan menghambat kinerja efektif suatu perusahaan.
c. Opportunities atau peluang;
Opportunities (peluang) bagi perusahaan merupakan suatu kondisi/situasi yang menguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Dengan kata lain, peluang apa saja yang dapat diciptakan karena situasi yang memungkinkan untuk itu.
d. Threats atau ancaman;
Threats (ancaman) bagi perusahaan merupakan suatu kondisi/situasi yang tidak menguntungkan yang mungkin terjadi karena faktor lingkungan atau mungkin juga terjadi karena kebijakan pemerintah.
2. Manfaat analisis swot bagi perusahaan
Secara umum, manfaat analisis swot ialah untuk menemukan komponen kekuatan, komponen kelemahan, komponen peluang dan komponen ancaman yang dimiliki perusahaan. Setelah menggunakan analisis swot, maka perusahaan akan lebih berhati-hati saat menyusun strategi pemasaran.
3. Keterbatasan analisis swot
Suatu perusahaan biasanya memiliki banyak bidang operasi dan semua bidang operasi tersebut pasti akan mempengaruhi perusahaan. Dengan banyaknya bidang operasi biasanya cakupan suatu perusahaan menjadi lebih luas dan berarti perusahaan harus lebih teliti dalam mempertimbangkan dan menganalisis segala sesuatu tersebut.
Baca pula artikel mengenai Pengertian Strategi Pemasaran dan Pengertian Pemasaran (Marketing Definition) agar lebih memahami tentang analisis swot.
Sekian pembahasan tentang analisis swot dan semoga pembahasan mengenai analisis swot ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.