Suatu perusahaan sangat memerlukan pemasaran dalam melakukan kegiatan perusahaan. Permasaran menjadi sangat penting karena supaya konsumen mengetahui tentang produk yang diproduksi oleh perusahaan tersebut. 

Oleh sebab itu pula kegiatan pemasaran tersebut harus ada yang mengkoordinasikan, umumnya yang melakukan hal tersebut adalah manajer pemasaran. Pada kesempatan ini admin membahas tentang pengertian manajemen pemasaran (definisi manajemen pemasaran), tujuan manajemen pemasaran, materi manajemen pemasaran, perkembangan manajemen pemasaran serta semoga bahasan mengenai pengertian manajemen pemasaran ini dapat bermanfaat bagi teman-teman.
Pengertian manajemen pemasaran dan definisi manajemen pemasaran
Pengertian manajemen pemasaran dan definisi manajemen pemasaran

Pengertian Manajemen Pemasaran

Berdasarkan pernyataan para ahli, Manajemen Pemasaran adalah suatu kegiatan perencanaan pemasaran supaya tercapai tujuan perusahaan yaitu konsumen yang merasa puas dan perusahaan yang mendapatkan keuntungan. Semua kegiatan tersebut harus mengandung unsur bauran pemasaran atau marketing mix, yaitu (1) product, (2) price, (3) place dan (4) promotion.

Sedangkan menurut para ahli lainnya tentang pengertian manajemen pemasaran adalah sebagai berikut:

1. Pengertian manajemen pemasaran menurut Philip William J Shultz
Manajemen pemasaran adalah suatu proses merencanakan, pengarahan dan pengawasan kegiatan pemasaran.

2. Pengertian manajemen pemasaran menurut John W Mullins
Manajemen pemasaran merupakan suatu proses analisa, terapan, koordinasi dan pengendalian program dimana melibatkan konsepsi, penetapan harga, promosi serta distribusi produk. 

3. Pengertian manajemen pemasaran menurut Lupiyo Adi
Manajemen pemasaran adalah proses penganalisaan, perencana kemudian pelaksanaan dan juga kontrol program-program yang telah dirancang keterkaitannya dengan pertukaran yang diinginkan kepada konsumen yang diterget agar mendapatkan keuntungan pribadi maupun bersama.

4. Pengertian manajemen pemasaran menurut Winardi
Manajemen pemasaran adalah suatu tahapan pengambilan keputusan, lalu perencanaan serta pengawasan aspek-aspek pemasaran suatu perusahaan yang terkait dengan konsep pemasaran pada sistem pemasaran.

Tahap Perkembangan Manajemen Pemasaran 

Manajemen pemasaran sudah mengalami beberapa tahap perkembangan yang dikarenakan industri yang terus berkembang dan tahapan perkembangan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tahap Orientasi Produksi Produk

Pada tahapan ini, konsentrasi utama suatu perusahaan ialah tentang bagaimana caranya perusahaan tersebut dapat meningkatkan produksinya, faktor layanan yang sesuai dengan harganya agar bisa memperoleh keuntungan besar.

2. Tahap Orientasi Penjualan Produk

Pada tahapan ini, konsentrasi utama suatu perusahaan ialah tentang bagaimana caranya perusahaan tersebut dapat meningkatkan penjualannya yang telah diproduksi sebelumnya dengan pangsa pasar yang terbatas.

3. Tahap Orientasi Pemasaran Produk

Pada tahapan ini, konsentrasi utama suatu perusahaan ialah bagaimana cara perusahaan tersebut dapat memasarkan produknya supaya dikenal oleh konsumen melalui berbagai variasi media informasi.

4. Orientasi Manusia dan Tanggung Jawab Sosial

Pada tahapan ini, konsentrasi utama suatu perusahaan ialah tentang bagaimana caranya perusahaan tersebut dapat memproduksi, menjual dan memasarkan produknya namun harus berorientasi pada manusia dan tanggung jawab sosial. 

Baca juga :
Sekian pembahasan tentang pengertian manajemen pemasaran dan semoga pembahasan mengenai pengertian manajemen pemasaran ini bisa bermanfaat bagi teman-teman sekalian. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.