Perusahaan dan pelaku bisnis lainnya pada hakikatnya ingin memperoleh keuntungan semaksimal mungkin dengan biaya yang sekecil mungkin dan hal ini sejalan dengan prinsip ekonomi. Namun untuk mendapatkan keuntungan tersebut tidaklah semudah yang direncakan dan dipikirkan karena pasti sangat banyak yang dihadapi sehingga kebanyakan mendapat keuntungan tidak maksimal.

Namun hal itu sebenarnya bisa dihindari dan dimaksimalkan oleh perusahaan jika perusahaan menerapkan bauran pemasaran (marketing mix). Kenapa demikian ? Karena dengan menerapkan bauran pemasaran maka perusahaan akan mempertimbangkan hal-hal penting yang sangat berpengaruh terhadap penjualan suatu produk dan membuat pemasaran dan penjualan produk tersebut menjadi terarah. Lalu apa itu bauran pemasaran dan bagaimana pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian ? Atas dasar tersebut maka pada kesempatan ini admin membahas tentang pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dan semoga dengan pembahasan mengenai pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian ini dapat memberikan manfaat kepada teman-teman. 
Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian
Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian

Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian

Baca juga artikel ini supaya teman-teman menjadi lebih mengerti dan paham apa pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian:

Pengertian bauran pemasaran (marketing mix definition)

Pengertian bauran pemasaran (marketing mix) menurut Marketing Management (1997)
Bauran pemasaran adalah kumpulan dari alat-alat pemasaran yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam pasar target.


Bauran Pemasaran 4P dan Bauran Pemasaran 7P

Menurut Kotler (1992), bauran pemasaran terdiri dari empat komponen dan dikenal dengan istilah bauran pemasaran 4P (marketing mix 4P), adalah sebagai berikut:
1. Product (produk)
2. Price (harga)
3. Place (lokasi)
4. Promotion (promosi)

Namun seiring perkembangan zaman, pasar mengalami perkembangan searah dengan perkembangan perilaku konsumen dan kecerdasan para ahli pemasaran dan perkembangan bauran pemasaran ini dikenal dengan nama bauran pemasaran 7P (marketing mix 7P), adalah sebagai berikut:
1. Product (produk)
2. Price (harga)
3. Place (lokasi)
4. Promotion (promosi)
5. Process (proses)
6. People (partisipasi)
7. Physical Evidence (lingkungan fisik)

Pengertian keputusan pembelian

Pengertian keputusan pembelian menurut Kotler (2002)
Keputusan pembelian adalah suatu tindakan konsumen untuk membentuk referensi diantara merek-merek dalam kelompok pilihan dan membeli produk yang paling disukai.

Ilustrasi pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian

pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian
Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian
Berdasarkan gambar di atas dapat dilihat bahwa faktor yang mempengaruhi pembelian adalah bauran pemasaran, namun kriteria keputusan pembelian dapat dikategorikan sebagai berikut:

1. Keputusan pembelian karena kesadaran
Pada tahap ini, pembeli tidak menyadari produk atau merek namun mereka melakukan pembelian suatu produk karena mereka memerlukannya.

2. Keputusan pembelian karena ketertarikan
Pada tahap ini, pembeli menyadari produk atau merek sehingga tertarik mereka untuk melakukan pembelian suatu produk.

3. Keputusan pembelian karena keinginan
Pada tahap ini, pembeli menyadari produk atau merek dan karena mendapat interaksi dari penjual berupa iklan, promosi dan sebagainya yang bisa memenuhi kebutuhannya sehingga mereka berminat membeli suatu produk.

4. Keputusan pembelian karena tindakan
Pada tahap ini, pembeli menyadari produk atau merek dan karena mendapat interaksi dari penjual berupa iklan, promosi dan sebagainya yang bisa memenuhi kebutuhannya serta karena adanya interaksi langsung dari penjual kepada pembeli berupa penawaran dan sebagainya sehingga berminat membeli suatu produk.

Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian secara variabel dapat dijabarkan sebagai berikut:
X : Bauran pemasaran
Y : Keputusan pembelian

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelian dapat terjadi karena beberapa alasan (kriteria keputusan pembelian), namun hal tersebut dapat dimaksimalkan dengan melakukan bauran pemasaran, yaitu mempertimbangkan dan memaksimalkan suatu produk (logo produk, motto produk, merek produk dan sebagainya), memaksimalkan harga (harga ekonomis, terjangkau, wajar dan sebagainya), memaksimalkan lokasi (lokasi prospek, ramai dan sebagainya) dan memaksimalkan promosi (iklan langsung dan tidak langsung).

Sekian pembahasan tentang pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dan semoga pembahasan tentang pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.