Skripsi merupakan suatu karya tulis ilmiah yang diharuskan kepada seluruh mahasiswa strata 1 setiap universitas di Indonesia baik universitas negeri maupun universitas swasta. Namun kebanyakan mahasiswa sering kali mengalami kesulitan saat penyusunan skripsi ini yang disebabkan oleh banyak dengan berbagai macam alasan pula.

Pada kesempatan ini admin akan membahas tentang Skripsi Pemasaran yang berjudul Analisis Strategi Penetapan Harga Dan Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Cemical Oxford Pada PT Bintang Duta Cabang Medan (Oleh Sadikin Ali) dan semoga saja dengan pembahasan tentang Skripsi manajemen pemasaran ini dapat berguna bagi teman-teman.
Skripsi manajemen pemasaran
Skripsi manajemen pemasaran

Analisis Strategi Penetapan Harga Dan Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Cemical Oxford Pada PT Bintang Duta Cabang Medan

Terkait artikel ini, supaya materi yang dibahas lebih menyambung ada baiknya teman-teman membaca artikel ini terlebih dahulu:

Informasi peneliti

Penelitian ini dilakukan oleh Sadikin Ali yang berstatus sebagai mahasiswa Fakuktas Ekonomi, Program Studi Manajemen, Universitas Sumatera Utara (USU) di Medan.

Penelitian ini dilakukan pada tahun 2009 guna memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan strata 1 (S1) Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara Medan.

Abstrak skripsi

Pemasaran merupakan fungsi bisnis yang berhubungan langsung dengan konsumen. Kesuksesan perusahaan banyak ditentukan oleh prestasi bidang pemasaran. 

Pemasaran merupakan proses mempelajarai kebutuhan dan keinginan konsumen dan memuaskan konsumen dengan produk dan pelayanan yang berkualitas dan pada harga yang konpetitif.

Alasan Penelitian

Harga adalah salah satu faktor penting bagi perusahaan, jadi perusahaan hendaknya mempertimbangkan dengan baik setiap keputusan terkait masalah harga, karena kesalahan dalam menetapkan harga akan mempengaruhi volume penjualan perusahaan.

Dimana apabila harga yang ditetapkan terlalu mahal, maka akan terjadi kemungkinan penurunan pendapatan karena pelanggan akan mencari produk yang lebih murah harganya.

Sedangkan apabila harga terlalu rendah, maka kemungkinan biaya produksi tidak akan tertutupi karena barang yang dijual banyak tetapi pendapatan yang diterima sedikit sehingga menimbulkan kerugian terhadap perusahaan.

Selain itu, promosi sebagai  salah satu unsur bauran pemasaran (marketing mix) merupakan sarana komunikasi persuasip, alat penyampaian pesan dari perusahaan kepada konsumen. 

Kegiatan promosi bertujuan untuk memperkenalkan produk dan jasa serta penyampaian pesan yang baik mengenai perusahaan dan produk yang dihasilkan sehingga konsumen merasa tertarik untuk membeli dan kembali lagi untuk membeli.

Objek penelitian

Penelitian tentang Analisis Strategi Penetapan Harga Dan Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Cemical Oxford dilakukan oleh Sadikin Ali pada PT Bintang Duta Cabang Medan di tahun 2009.

PT Bintang Duta merupakan perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang industri yang memproduksi Cemical Oxford dan berdiri sejak tahun 1994 di Jakarta serta berkantor pusat terletak di jalan Salemba Raya No. 34-36 Y Jakarta Pusat dan kantor cabang Medan terletak di Jalan Turi No. 35 Medan.

PT Bintang Duta Cabang Medan dalam operasinya menggunakan promosi agar produk mereka tetap menarik dan sesuai dengan selera pelanggan sehingga nantinya terciptalah kepuasan pelanggan. Adapun bentuk promosi yang digunakan oleh PT Bintang Duta Cabang Medan adalah sebagai berikut:
  • Periklanan (advertising)
  • Promosi penjualan (sales promotion)
  • Penjualan pribadi (personnel selling)
  • Publitas (publicity)

PT Bintang Duta cabang Medan menetapkan strategi harga dan promosi bertujuan untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat serta untuk meningkatkan volume penjualan. 

Strategi penetapan harga yang dilakukan oleh PT Bintang Duta cabang Medan turut mempertimbangkan biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan dan harga yang ditetapkan oleh perusahaan saingan.

Download skripsi

Lihat, perhatikan dan lakukan seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:
Download skripsi manajemen pemasaran
Download skripsi manajemen pemasaran
Download Skripsi manajemen pemasaran di "http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/11064"

Sekian pembahasan tentang Skripsi Pemasaran - Analisis Strategi Penetapan Harga Dan Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Cemical Oxford Pada PT Bintang Duta Cabang Medan dan semoga pembahasan tentang skripsi manajemen pemasaran ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.