Segmentasi pasar merupakan salah satu strategi pemasaran dengan cara menentukan target pasar atau pasar sasaran. Setiap perusahaan termasuk juga entrepreneur yang telah sukses di Indonesia bahkan di dunia pasti melakukan segmentasi pasar, dimana dengan dilakukannya segmentasi pasar nantinya pasar yang mereka targetkan (sasaran) akan mereka maksimalkan semaksimal mungking agar penjualannya terus meningkat dan keuntungannya pun juga demikian.

Dengan melakukan segmentasi pasar, maka suatu perusahaan nantinya akan memperoleh berbagai macam manfaat dan keuntungan seperti yang diharapkan. Supaya menjadi lebih jelas, pada kesempatan ini admin akan membahas tentang pentingnya segmentasi pasar dalam berbisnis, seperti pengertian (definisi) segmentasi pasar atau apa itu segmentasi pasar, syarat segmentasi pasar, macam-macam segmentasi pasar, tujuan segmentasi pasar, manfaat segmentasi pasar dan langkah-langkah segmentasi pasar serta semoga dengan pembahasan tentang pentingnya segmentasi pasar ini dapat menambah pengetahuan admin dan teman-teman sekalian.
Pentingnya segmentasi pasar dalam berbisnis
Pentingnya segmentasi pasar dalam berbisnis

Pentingnya Segmentasi Pasar Saat Berbisnis

Pengertian (definisi) segmentasi pasar

Pengertian (definisi) segmentasi pasar menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut:
1. Pengertian (definisi) segmentasi pasar menurut Pride dan Ferrel (1995)
Segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli.

2. Pengertian (definisi) segmentasi pasar menurut Swastha dan Handoko (1997)
Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen kedalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen.

3. Pengertian (definisi) segmentasi pasar menurut menurut Kotler, Bowen dan Makens (2002)
Segmentasi pasar adalah suatu proses untuk membagi pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang lebih homogen, dimana tiap kelompok konsumen dapat dipillih sebagai target pasar untuk dicapai  perusahaan melalui strategi bauran pemasarannya. Dalam setiap segmen terdiri dari individu dengan kebutuhan dan keinginan yang sama, dan mempunyai respon yang sama terhadap usaha pemasaran yang ditawarkan.

Syarat segmentasi pasar

Syarat segmentasi pasar menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut:
1. Measurability (Dapat diukur)
Syarat segmentasi pasar ini (measurability) adalah ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu pembeli harus dapat diukur atau dapat didekati.

2. Accessibility (aksesibilitas)
Syarat segmentasi pasar ini (accessibility) adalah suatu keadaan dimana perusahaan dapat secara efektif memusatkan (mengarahkan) usaha pemasarannya pada segmen yang telah dipilih.

3. Substantiability (Kemampuan substansi)
Syarat segmentasi pasar ini (substantiability) adalah harus cukup besar atau cukup menguntungkan untuk dapat dipertimbangkan program-program pemasarannya.

4. Actionability (Kemampuan melakukan)
Syarat segmentasi pasar ini (actionability) adalah harus diselaraskan dengan sumber daya yang memadai, agar dapat di olah semaksimal mungkin.

Macam-macam segmentasi pasar

Macam-macam segmentasi pasar menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut:
1. Segmentasi geografis
Segmentasi pasar ini (segmentasi geografis), yaitu pasar dibagi berdasarkan lokasi atau tempat. Segmentasi ini menjelaskan bahwa orang yang tinggal di daerah yang sama memiliki kebutuhan dan keinginan yang sama serta kebutuhan dan keinginan ini berbeda dari kebutuhan dan keinginan orang yang tinggal di daerah lainnya.

2. Segmentasi demografis
Segmentasi pasar ini (segmentasi demografis), yaitu pasar dibagi berdasarkan karakter demografis tertentu seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan dan sebagainya.

3. Segmentasi psikologis
Segmentasi pasar ini (segmentasi psikologis), yaitu pasar dibagi berdasarkan sifat setiap konsumen seperti hobi konsumen, kepribadian atau sikap konsumen dan sebagainya.

4. Segmentasi psikografis
Segmentasi pasar ini (segmentasi psikografis), yaitu pasar dibagi berdasarkan gaya hidup konsumen atau gabungan beberapa hal seperti aktivitas, minat, pendapat dan sebaginya serta dapat diukur.

5. Segmentasi sosial budaya
Segmentasi pasar ini (segmentasi sosial budaya), yaitu pasar dibagi berdasarkan berbagai variabel sosiologis (kelompok) dan antropologis (budaya).

6. Segmentasi terkait pemakaian
Segmentasi pasar ini (segmentasi terkait pemakaian), yaitu pasar dibagi berdasarkan karakteristik produk atau pemakaian merek seperti tingkat pemakaian, tingkat kesadaran, dan tingkat kesetiaan terhadap merek.

7. Segmentasi situasi pemakaian
Segmentasi pasar ini (segmentasi situasi pemakaian), yaitu pasar dibagi berdasarkan situasi pemakaian seperti kesempatan.

8. Segmentasi manfaat
Segmentasi pasar ini (segmentasi manfaat), yaitu pasar dibagi berdasarkan perubahan gaya hidup (popularitas sesuatu hal), sehingga perusahaan memproduksi suatu produk dengan manfaat tertentu dikhususkan dengan sesuatu yang sedang populer tersebut.

Tujuan segmentasi pasar

Tujuan segmentasi pasar menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut:
Segmentasi pasar dilakukan dengan tujuan untuk meransang pelanggan / konsumen yang potensial atau pelanggan yang telah ditentukan (target pelanggan).

Manfaat segmentasi pasar

Manfaat segmentasi pasar menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut:
1. Perusahaan dapat membandingkan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya.
2. Perusahaan dapat mengetahui sifat masing-masing segmen.
3. Perusahaan dapat mengetahui segmen mana yang lebih berpotensi.
4. Perusahaan dapat menentukan segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.
5. Perusahaan dapat mendeteksi kecenderungan pasar yang senantiasa berubah.
6. Perusahaan dapat menciptakan produk yang sesuai dengan permintaan pasar.
7. Perusahaan dapat menentukan pemasaran serta promosi yang paling efektif.

Langkah langkah segmentasi pasar

Langkah-langkah segmentasi pasar menurut para ahli, antara lain adalah sebagai berikut:
1. Menentukan batas pasar
2. Menentukan variabel segmentasi pasar
3. Menganalisa segmentasi pasar
4. Mengembangkan profil tiap segmen pasar
5. Menentukan segmen akan yang dilayani
6. Menyusun rencana pemasaran

Baca juga:

Sekian pembahasan tentang pentingnya segmentasi pasar dalam berbisnis dan semoga pembahasan tentang pentingnya segmentasi pasar dalam berbisnis ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.