Dulunya untuk mendistribusikan suatu produk pasar internasional atau ke negara-negara lainnya di dunia sangat suliat dilakukan oleh perusahaan dan membutuhkan waktu yang cukup lama hingga berbulan-bulan. Namun, sekarang ini sangat berbeda dari dulu yang mana hal ini dipacu oleh perkembangan teknologi terutama dibidang industri transportasi yang memungkinkan setiap individu dapat melakukan perjalanan kemanapun dengan waktu yang singkat tentunya.
Selain itu, teknologi dibidang informasi dan komunikasi pun juga sudah sangat berkembang yang mana hal ini menjadikan komunikasi dapat terlaksana secara cepat antara penjual dan pembeli tanpa harus bertemu dimanapun berada bahkan di negara yang berbeda. Jadi perusahaan menjangkau konsumen dari negara lain dan begitu pula konsumen dapat membeli suatu produk dari perusahaan di negara lainnya.
Pada kesempatan ini admin akan membahas mengenai strategi pemasaran internasional yang berjudul Mengenal dan Memahami Strategi Pemasaran Internasional. Semoga saja dengan pembahasan mengenai strategi pemasaran internasional ini dapat memberikan manfaat kepada kepada teman-teman sekalian.
Mengenal dan Memahami Strategi Pemasaran Internasional |
Apa itu Strategi Pemasaran Internasional?
Pemasaran internasional sebenarnya lebih dari sekedar memasarkan produk ke internasional. Namun pada pelaksanaannya, sebenarnya pada pemasaran internasional telah mencakup seluruh proses seperti perencanaan, persiapan, penempatan dan produk perusahaan di pasar seluruh dunia untuk mempromosikan.
Umumnya perusahaan-perusahaan besar memiliki kantor di pasar internasional untuk menjangkau konsumen di negara lainnya namun dengan perkembangan teknologi dibidang informasi dan komunikasi sekarang ini perusahaan berskala bisnis kecilpun dapat menjangkau konsumen di negara lainnya juga dengan memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut.
Kompetisi ini telah membuatnya hampir suatu keharusan bagi sebagian besar bisnis untuk mendirikan sebuah kehadiran internasional.
Beberapa perusahaan internasional yang sukses dan dikenal luas oleh banyak orang di berbagai negara seperti Coca cola, McDonald, Kentucky Fried Chicken, Starbucks, Toyota, Volkswagen, Glencore International, Samsung dsb.
Coca-Cola mulai internasional pada tahun 1919 dan kini penjualannya terdapat di lebih dari 200 negara. Hal ini terwujud karena mereka sangat mengutamakan strategi pemasaran internasional, dimana salah satunya mereka senantiasa mengupayakan agar produk-produk mereka konsisten dalam hal rasa mengikuti selera setiap konsumen disetiap negara dan dalam hal kemasan, mereka lebih fleksibel dimana kemasan didesain sesuai dengan selera dan ketentuan negara tersebut tapi tetap elegan serta menarik bagi konsumen.
Begitu pula dengan McDonald, Starbucks, Kentucky Fried Chicken, dimana mereka memastikan rasa produknya sama di setiap negara.
Selanjutnya perlu diketahui bahwa sebuah perusahaan internasional harus bersedia untuk mengembangkan profil untuk masing-masing daerah yang berbeda dari perdagangan dengan mitra dagang terbesar diberbagai negara agar konsumen dapat memperoleh produk-produk tersebut hampir di mana-mana.
Untuk melakukan hal ini, perusahaan-perusahaan internasional dapat mengandalkan jaringan distribusi lokal; namun karena mereka tumbuh dalam pasar tertentu, mereka dapat membentuk jaringan mereka sendiri dan ketika perusahaan akan membuka pasar baru, mereka umumnya memulai dari pusat-pusat perkotaan padat penduduk.
Salah satu kunci kesuksesan perusahaan-perusahaan internasional tersebut adalah mereka memberikan perhatian lebih terhadap bauran pemasaran, alasan kenapa hal ini mereka lakukan karena mereka sadar bahwa bauran pemasaran yang bekerja dan efektif di pasar suatu negara tidak menjamin dapat efektif di pasar negara lainnya.
Komunikasi antara budaya juga sangat berperan dalam strategi pemasaran internasional yang harus dikuasai oleh pemasar internasional dan hal ini dapat dilakukan dalam hal seperti membangun kemitraan dengan perusahaan lokal.
Jika suatu produk internasional dipromosikan, perusahaan memiliki keputusan tentang trade-off antara KBRI dan standar lokal. Sebuah pesan tunggal lebih murah untuk mempertahankan produksi dan merek tapi mungkin hal ini tidak baik di beberapa daerah karena perbedaan budaya setempat.
Sebuah perusahaan internasional harus hati-hati mengeksplorasi pasar yang berbeda dan mempersiapkan penyesuaian produk seperti mungkin memerlukan perubahan nama mengikuti istilah daerah setempat namun tetap melambangkan ciri khas perusahaan.
Perusahaan harus mengunjungi target pasar mereka dan menghabiskan banyak waktu di dalamnya-juga bergerak. Di sini mereka dapat mengembangkan kontak lokal, serta pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana bisnis dilakukan di lapangan.
Misalnya saja, perusahaan ingin masuk ke pasar Indonesia maka perusahaan harus mempelajari bahasa, budaya dan hal lainnya yang ada di Indonesia.
Baca juga:
- Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian
- Belajar Apa Itu Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Penting!
Sekian pembahasan tentang strategi pemasaran internasional dan semoga pembahasan tentang strategi pemasaran internasional ini dapat bermanfaat bagi teman-teman. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.