Perencanaan merupakan suatu tahapan awal dalam melakukan kegiatan apapun, karena dengan adanya suatu perencanaan maka sesuatu yang kita lakukan akan berbuah hasil yang memuaskan. Begitu pula dalam hal nya pemasaran, sebaiknya sebelum pemasaran dilakukan terlebih dahulu seorang pemasar menyiapkan perencanaan pemasaran.

Dengan dilakukannya suatu perencanaan pemasaan, maka diharapkan nantinya pemasaran yang dilakukan akan berjalan sesuai perencaan pemasaran tersebut. Pada kesempatan ini, admin akan membahas tentang perencanaan pemasaran dan semoga pembahasan tentang perencanaan pemasaran ini bisa bermanfaat.
Perencanaan Pemasaran
Perencanaan Pemasaran

Perencanaan Pemasaran

Merupakan suatu rencana yang dirancang untuk mencapai suatu pasar yang telah ditargetkan. Konsep dari rencana pemasaran ialah harus mengetahui dan memahami terlebih dahulu tentang bagaimana pasar (analisa) dan kemudian menentukan apa yang harus dilakukan terhadap pasar tersebut (perencanaan).

1. Pengertian Perencanaan Pemasaran 

Untuk dapat memahami sistem pemasaran harus diketahui bahwa yang sangat penting adalah bagaimana pembuatan rencana pemasaran.

Suatu sistem pemasaran mengidentifikasi bagian-bagian yang saling berhubungan dan terkait baik secara internal maupun secara eksternal bagi perusahaan, yang memungkinkan perusahaan menjual suatu produk kepada konsumen.

Lingkungan perusahaan (eksternal dan internal) sangat berperan dalam pengembangan rencana pemasaran. Jadi, analisis lingkungan perusahaan akan memberikan gambaran awal terhadap pembuatan rencana pemasaran.

2. Definisi Perencanaan Pemasaran 

Perencanaan pemasaran adalah suatu proses menetapkan secara tepat tentang apa yang akan dilakukan oleh perusahaan guna mencapai tujuannya. Perencanaan pemasaran juga dapat didefinisikan sebagai perkembangan sistematis dari program tindakan yang dimaksudkan guna pencapaian tujuan bisnis yang telah ditetapkan melalui proses analisa, evaluasi serta seleksi di antara berbagai peluang yang diprediksi terlebih sebelumnya.

3. Tujuan Perencanaan Pemasaran

Perencanaan perusahaan mempunyai maksud sebagai berikut:

1. Perlindungan atau protective
Maksud perlindungan atau protective adalah meminimalisir segala risiko dengan mengurangi segala ketidakpastian di sekitar kondisi bisnis dan mengungkapkan sebab-sebab tindakan manajerial yang berhubungan.

2. Kesepakatan atau affirmatif
Tujuan kesepakatan atau affirmatif adalah untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilan suatu perusahaan.

Selain itu, tujuan perencanaan pemasaran adalah untuk membentuk usaha terkoordinasi dalam perusahaan yang mana jika tidak adanya perencanaan pemasaran maka akan berdampak pada ketidakefisienan nantinya.

Baca juga:
Sekian pembahasan tentang perencanaan pemasaran dan semoga dengan pembahasan tentang perencanaan pemasaran dan semoga pembahasan tentang perencanaan ini dapat menjadi masukan bagi anda dalam sebelum melakukan pemasaran. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.