Sepeti yang telah dijelaskan pada postingan-postingan sebelumnya, Suatu perusahaan sangat memerlukan pemasaran untuk keberlangsungan usahanya, hal ini dikarenakan dengan adanya kegiatan pemasaran suatu perusahaan dapat mengenalkan produk mereka kepada konsumen yang nantinya dibeli oleh si konsumen tersebut.

Sebelum melakukan kegiatan pemasaran, perusahaan harus melakukan terlebih dahulu riset pemasaran dimana nantinya perusahaan mengetahui permasalahan apa yang akan dihadapi dan apa solusi atas permasalahan tersebut. Pada kesempatan ini, admin akan membahas tentang riset pemasaran dan semoga pembahasan tentang riset pemasaran ini bisa bermanfaat.
Riset Pemasaran
Riset Pemasaran

Riset Pemasaran

Menurut American Marketing Association (1987), riset pemasaran merupakan suatu fungsi, dimana fungsi tersebut senantiasa menghubungkan antara konsumen dengan masyarakat dan pemasar melalui informasi. Informasi tersebut dipakai untuk mengidentifikasi serta menentukan peluang dan masalah pemasaran; merumuskan, menyempurnakan dan mengevaluasi segala upayaterkait pemasaran, memantau kinerja pemasaran; dan menyempurnakan pengetahuna yang dapat membuat aktivitas pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien. Riset pemasaran menentukan informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan tersebut; Mendesain metode guna pengumpulan informasi; mengelola dan mengimplementasikan proses pengumpulan data; menganalisis hasil-hasil yang telah didapatkan; dan mengkomunikasikan hasil temuan dan implikasinya.

Riset pemasaran merupakan kegiatan penelitian terkait pemasaran yang dilaksanakan secara sistematis mulai dari perumusan masalah riset pemasaran, perumusan tujuan riset pemasaran, pengumpulan data riset pemasaran, pengolahan data riset pemasaran serta interpretasi hasil riset pemasaran. Riset pemasaran ini dilaksanakan dengan tujuan manajemen mendapat solusi terbaik terkait berbagai macam masalah yang dihadapi oleh manajemen dalam kegiatan pemasarannya sehingga manajemen bisa memperoleh peluang usaha yang lebih baik.

1. Perumusan masalah riset pemasaran

Perumusan masalah adalah langkah awal dalam melakukan riset pemasaran, yaitu kegiatan merumuskan permasalahan yang dihadapi pada saat pemasaran dilakukan. Perumusan masalah dapat dilakukan dengan tiga pendekatan yaitu secara deskriptif, komparatif dan asosiatif. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan pada perumusan masalah riset pemasaran ialah masalah dirumuskan dengan dengan jelas dan akurat, dapat dilakukan pengujian, menjelaskan keadaan yang terjadi dan keadaan yang diharapkan.

2. Perumusan tujuan riset pemasaran

Perumusan tujuan riset pemasaran yaitu kegiatan merumuskan tujuan atau solusi atas permasalahan yang telah dirumuskan pada perumusan masalah riset pemasaran sebelumnya. Perumusan tujuan riset yaitu untuk memperoleh informasi baru, mengembangkan dan menjelaskan teori-teori sebelumnya.

3. Pengumpulan data riset pemasaran

Pengumpulan data adalah tahap selanjutnya yang dilakukan supaya riset bisa dilaksanakan. Pengumpulan data riset pemasaran adalah kegiatan mengumpulkan berbagai macam data terkait pemasaran. Sumber data terbagi menjadi dua yaitu data primer yang diperoleh langsung dan data sekunder yang diperoleh dari sumber yang telah ada sebelumnya.

4. Pengolahan data riset pemasaran

Pengolahan data adalah kegiatan yang dilakukan setelah proses pengumpulan data riset pemasaran telah dilakukan. Pengolahan data merupakah kegiatan memanipulasi data menjadi lebih berarti yaitu berupa suatu informasi yang berdasarkan pada data yang telah dikumpulkan.

5. Interpretasi hasil riset pemasaran

Tahapan akhir dari riset pemasaran adalah interpretasi. Interpretasi hasil adalah proses penginterpretasian hasil berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan di olah sebelumnya. Pada tahapan interpretasi hasil riset pemasaran ini nanti akan diperoleh solusi-solusi atas permasalahan pemasaran yang telah dirumuskan diawal.

Baca juga artikel berikut ini tentang Pengertian Pemasaran (Marketing Definition) dan Pengertian Manajemen Pemasaran agar teman-teman lebih memahami materinya.

Sekian pembahasan tentang riset pemasaran dan semoga pembahasan tentang riset pemasaran ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Apabila ada kritik dan saran untuk perbaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar. Terimakasih.
Categories: